Ismail/KC Online.*

SUMBER, (KC Online).-

Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cirebon, siap memfasilitasi warga nahdliyin di daerahnya untuk mendapatkan kredit usaha rakyat (KUR) maksimal hingga Rp 200 juta.

Demikian disampaikan Ketua LPNU PCNU Kabupaten Cirebon, Surahman saat kegiatan Pelantikan LPNU, Launching NU-Akur dan Kredit Usaha Wirausaha Binaan Nahdlatul Ulama (Wirabina NU) Koperasi NU Artha Berkah, di Auditorium PCNU Kabupaten Cirebon, Senin (12/32018).

Surahman mengucapkan, terima kasih atas motivasi yang diberikan Pimpinan PCNU Kabupaten Cirebon. Menurutnya, harus ada ketentuan lembaga tidak akan dilantik sebelum memiliki program yang siap dijalankan. Sehingga kata dia, memberikan semangat pihaknya untuk bekerja keras mempersiapkannya.

“Sehingga lahirlah dua program unggulan yang hari ini sudah bisa langsung dijalankan NU-Akur dan penyaluran Kredit Usaha Wirabina NU. Melalui NU-Akur kami bisa ikut membantu memfasilitasi warga NU, terutama yang memiliki usaha untuk mendapatkan fasilitas KUR dari Bank Mandiri dengan bagi hasil yang cukup kecil atau tidak memberatkan. Plafon maksimal Rp 200.000.000 dengan syarat-syarat berlaku,” kata Surahman.

Dengan program Wirabina NU yang difasilitasi Koperasi NU Artha Berkah tersebut, kata dia, ke depan para pedagang kecil yang merupakan warga NU tentunya akan sangat terbantu untuk mengembangkan usaha mereka.

Sementara itu, Ketua Tanfidziyah PCNU, KH Aziz Hakim Syaerozi menyampaikan, warga NU sebagai warga mayoritas di Kabupaten Cirebon harus meningkat secara ekonomi. Banyak hal yang bisa dilakukan. Karena NU, katanya, memiliki sumber daya modal atau aset terbatas, maka dibutuhkan kerja sama dengan banyak pihak eksternal, baik pemerintah maupun swasta.

“Karena itu tugas LPNU adalah bagaimana caranya membangun kerja sama yang baik dengan pihak eksternal dengan skema yang menguntungkan bagi warga NU. Dua program unggulan yang dilaunching hari ini sudah sangat tepat. Mudah-mudahan ikhtiar dan khidmat pengurus LPNU memberikan manfaat bagi warga NU dan memberikan berkah bagi para pengurusnya,” kata Aziz.

Dalam kegiatan tersebut, pengurus yang dilantik yakni para profesional, pengusaha dan pelaku usaha kecil yang merupakan warga NU. LPNU PCNU Kabupaten Cirebon juga melaunching program-program unggulan antara lain yakni NU-Akur yang ditandai dengan penandatanganan nota kerja sama atau MoU antara Bank Mandiri dengan LPNU PCNU Kabupaten Cirebon, penyerahan secara simbolis piagam kesepakatan kerja sama NU-Akur, dan penyerahan persyaratan dari para calon kreditur NU-Akur kepada Bank Mandiri.

Kemudian peresmian Koperasi NU Artha Berkah yang ditandai dengan penyerahan SK Koperasi yang diwakili Kabid Koperasi Dinas Koperasi UMKM kepada Ketua Koperasi Artha Berkah, Sonny Rahmat dan penyerahan secara simbolis kepada 20 calon penerima Kredit Usaha Wirausaha Binaan Nahdlatul Ulama (Wirabina NU) yang merupakan pedang kecil di lingkungan Pasar Sumber. Mereka akan mendapatkan pinjaman masing-masing senilai Rp 500.000 dengan skema pengembalian dengan akadmusyarokah atau bagi hasil.(Ismail)