Ilustrasi/KC Online.*

SUMBER, (KC Online).-

Dua residivis kasus begal sadis dan curanmor di Kabupaten Kuningan akhirnya berhasil dilumpuhkan dengan timah panas di bagian kedua kakinya oleh Tim Tekab 852 Sat Reskrim Polres Cirebon setelah kembali mengulangi kejahatannya di Kabupaten Cirebon.

Minggu (11/3/2018), keduanya kembali dibekuk setelah kedapatan mencuri mobil truk colt diesel dengan nopol E 9044 MB milik Nadi (26) warga Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Sabtu (10/3/18).

Data yang berhasil dihimpun KC Online menyebutkan, kedua Residivis yang berhasil diamankan adalah MS (20) warga Desa Warujaya, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon dan AK (38 tahun) warga Kecamatan Arjawinangun , Kabupaten Cirebon.

Sebelumnya keduanya sudah pernah berurusan dengan pihak kepolisian dari Polres Kuningan, dengan kasus yang sama yakni pencurian kendaraan bermotor atau yang lebih dikenal begal.

Penangkapan keduanya berawal dari laporan korban yang mengaku kehilangan kendaraan berupa sebuah mobil Colt Diesel yang tengah diparkir di halaman rumahnya.

Korban yang terlebih dahulu melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Dukuhpuntang. Polres Cirebon melakukan pengejaran bersama Tim Tekab 852 bermodal alat GPS yang telah terpasang di mobil yang berhasil digondol pelaku.

Pengejaran yang dilakukan Tim Tekab 852 dibantu dari Unit Reskrim Polsek Dukuhpuntang mendapati mobil tersebut sedang berada di Kabupaten Tegal. Usai menemukan titik lokasi mobil tersebut berada, pihak kepolisian langsung melakukan penyergapan terhadap para pelaku yang masih berada di dalam mobil curiannya.

Saat dilakukan penyergapan oleh petugas, kedua pelaku melakukan perlawanan yang dianggap membahayakan keselamatan petugas. Sehingga langsung memberikan tindakan tegas terukur berupa menembak kedua kaki kedua pelaku agar bisa dilumpuhkan dan diamankan petugas.

“Saat kita mau amankan kedua pelaku melawan dengan menggunakan senjata tajam dan kita lakukan tindakan tegas terukur,” ujar Kapolres Cirebon Ajun Komisaris Besar Risto Samodra saat dikonfirmasi KC Online.

Dijelaskannya, penangkapan spesialis pencuri kendaraan roda empat tersebut, selain mengamankan dua orang pelaku, pihaknya juga masih memburu tiga pelaku lainnya yang masih buron. “Pelakunya 5, yang kami amankan baru 2, dan sisanya masuk ke daftar pencarian orang (DPO),” ujar Kapolres.

Kapolres juga mengatakan, selain mengamankan pelaku, pihaknya juga berhasil mengamankan barang bukti berupa 2 unit kendaraan roda empat, kunci-kunci dan juga STNK palsu. “Barang bukti hasil kejahatannya kita amankan juga,” katanya.(Faizal)