PULUHAN anggota karang taruna perwakilan dari 13 kecamatan, digembleng pelatihan usaha ekonomi produktif termasuk tata cara pembuatan paving block, di GOW Kuningan, Selasa (15/5/2018). Yan/KC Online

KUNINGAN, (KC Online).-

Sebanyak 15 kelompok anggota karang taruna dari 13 kecamatan mengikuti bimbingan sosial dan usaha ekonomi produktif, yang diselenggarakan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kuningan, di Gedung Organisasi Wanita (GOW). Kegiatan ini dalam upaya penanganan masalah sosial generasi muda di desa.

Kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kuningan, Cicih Nuryaningsih, mengungkapkan, pembangunan kesejahteraan sosial merupakan sesuatu yang kompleks sekaligus dinamis dengan tujuan mencapai kondisi kesejahteraan sosial yang adil dan merata.

Untuk itu, pihaknya sengaja menggelar kegiatan bimbingan sosial dan usaha ekonomi produktif melalui pelatihan pembuatan paving block selama dua hari, dengan melibatkan 15 kelompok anggota karang taruna. Di antaranya dari Desa Pinara dan Desa Rambatan Kecamatan Ciniru, Desa Citapen Kecamatan Hantara, Desa Margabakti dan Desa Sindang Jawa Kecamatan Kadugede.

Desa Cikeusal Kecamatan Cimahi, Desa Cageur Kecamatan Darma, Desa Jamberama Kecamatan Selajambe, Desa Subang Kecamatan Subang, Desa Cilebak Kecamatan Cilebak dan sebagainya.

“Karang taruna memiliki peranan yang sangat penting untuk bersinergi dengan pemerintah daerah, dalam menangani masalah sosial generasi muda. Sehingga dengan pelatihan membekali anggota karang taruna kemampuan berusaha, meningkatkan produktifitas kerja dan penghasilan serta menciptakan kemitraan usaha yang saling menguntungkan.

Selain itu, diharapkan nantinya, kegiatan ini menjadi cikal bakal terbukanya kesempatan kerja yang lebih luas. Sehingga berdampak terhadap penanganan masalah sosial para generasi muda di setiap desa,” katanya, kemarin.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kuningan, H. Uus Rusnandar, mengemukakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu wujud dukungan sekaligus apresiasi Pemerintah Kabupaten Kuningan kepada karang taruna melalui wirausaha.

“Kegiatan itu harus terus berlanjut dan dapat lebih ditingkatkan melalui spirit kerja sama, khususnya dalam partisipasi pembangunan di Kabupaten Kuningan, sehingga masalah sosial generasi muda bisa ditangani dengan baik,”katanya.(Yan/KC Online)