CIREBON,(KC Online).-

Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon menginginkan agar para mahasiswanya untuk bisa memahami pembangunan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah.

Salah satu upaya agar mahasiswa bisa memahaminya yakni dengan cara kuliah umum dan dialog nasional bersama Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono.

Rektor Unswagati, Mukarto Siswoyo mengatakan,  secara sengaja mengundang dua Menteri RI untuk bisa membeberkan langsung pembangunan yang sudah dilakukan.

“Selain untuk membangun harmonisasi dsn komunikasi dengan Pemerintah Pusat, kami juga ingin mahasiswa bisa memahami apa sih sebenarnya pembangunan yang sudah dilakukan oleh Pemerintah, termasuk di Jawa Barat,” kata Mukarto usai diskusi, Minggu (20/5/2018).

Kuliah umum dan diskusi sendiri digelar di halaman kampus Unswagati dalam rangka memeringati Hari Kebangkitan Nasional dengan tema “Pembangunan Infrastruktur Transportasi di Jawa Barat Untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional”.

Menurut Mukarto, dalam kuliah umum dan diskusi ini mahasiswa bisa menilai serta sekaligus memberikan kritik atas pembangunan yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Pusat.

“Lalu mahasiswa bisa menyimpulkan apa yang sudah dibangun atau dilakukan dari periode ke periode. Mahasiswa kami undang disini aga bisa memahami itu,” kata Mukarto.

Di sela- sela kuliah umum dan diskusi ini, dua Menteri ini masing- masing mengundang lima mahasiswa dan peserta kuliah umum untuk diberikan pertanyaan dan penilaian terhadap pembangunan.

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi meminta agar mahasiswa menjelaskan secara detail apa saja pembangunan yang sudah dan kekurangan yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat. Kepada mereka yang dinilai berimbang dalam pengakuan pembangunan serta memberikan kritik konstruktif kepada Pemerintah, Budi memberikan kenang- kenangan berupa laptop.

Sementara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono meminta para peserta kuliah umum yang diundang maju dalam panggung untuk menjelaskan manfaat pembangunan yang sudah dilakukan oleh Pemerintah termasuk di Jawa Barat.

Di Jawa Barat sendiri Pemerintah membangun jalan tol Cikopo- Palimanan, Bandar Udara Kertajati dan jalan tol Cirebon- Sumedang- Dawuan.(Iskandar)