WAKASEK Kurikulum SMAN I Indramayu (Sayu), Hj. Eha Nugeraha ketika memberikan hadiah kepada juara finalis Kanda-Dinda tahun 2018, Sabtu (5/5/2018). Ratno/KC Online

INDRAMAYU, (KC Online).-

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMAN I Indramayu (Sayu), Sabtu (5/5/2018) menggelar agenda tahunan berupa kegiatan pentas seni (pensi) tahun 2018.

Kegiatan yang dipusatkan di halaman sekolah setempat itu, menampilkan berbagai atraksi seni dan budaya daerah, lomba finalis Kanda-Dinda 2018 dan artis ternama Virzha Indonesia Idol dan P.Joana.

Ditemui KC Online, Kepala SMAN Sayu, Hj.Hendhy M Yarkasih melalui Pembina Osis, Deden M Hidayat mengatakan, kegiatan pensi yang dikemas ke dalam tema Imagination Spectacural Party of Mileniais Art (Inspectrum) Duwe Gawe VIII tahun 2018 itu, memiliki tujuan membentuk siswa cerdas, terampil, kreatif, sportif dan kompetitif itu dalam mengembangkan bakat seni dan budaya yang dimiliki para siswa selama melakukan proses pendidikan di sekolah.

Selain menampilkan berbagai seni tradisional maupun nasional, kegiatan pensi kali ini juga diwarnai pemilihan finalis Kanda-Dinda untuk dilombakan ke-tingkat kabupaten.

“Diharapkan melalui penyelenggaraan pensi ini akan menghasilkan bakal calon pengembang seni yang profesional, sehingga mampu membawa nama baik sekolah dan daerah,”ujarnya.

Menurutnya, setiap tahun penyenggaraan pensi yang dilakukan anak-anak Osis senantiasa mendapat respons cukup antusias, baik dari para siswa, para guru, alumnus maupun masyarakat sekitar yang mengunjunginya.

Karena agenda tahunan ini, merupakan salah satu wahana bagi para siswa untuk berkreasi, berinovasi, berprestasi dan berkompetisi secara sehat dengan mengedepankan semangat sportivitas tinggi.

“Dalam pensi ini juga diselenggarakan berbagai perlombaan seni dan budaya, untuk itu bagi peserta yang kemungkinan belum beruntung dapat meningkatkan seni dan budaya pada penyelenggaraan pensi yang akan datang,”ungkapnya.

Terpisah Ketua OSIS SMAN Sayu, Ammar Annafi menilai, kegiatan pensi selain penyaluran bakat seni dan budaya juga merupakan salah satu ajang silaturrahmi antara para siswa yang saat ini sedang melakukan proses pendidikan dengan para alumnus, karena melalui ajang pensi semacam ini para pengunjung yang sebagian besar terdiri dari para alumnus dapat saling memberikan wawasan dan pengalaman positifnya.

Agenda tahunan ini, dapat dijadikan sebagai wahana pencari bakat seni dan budaya yang dimiliki para siswa untuk dikembangkan agar menjadi calon-calon seniman profesional dan pihaknya merasa puas dan bangga karena penyelenggaraan pensi tahun 2018 berjalan sesuai harapan.

“Kami merasa bangga karena kegiatan pensi kali ini berjalan sesuai dengan harapan dan dihadiri ratusan pengunjung dari berbagai kalangan, sehingga puluhan stand produk yang ikut meramaikan kegiatan pensi terlihat cukup diminati para pengunjung. Terpilih finalis Kanda-Dinda tahun 2018, Purnama Ajie Zakaria dan Nabila Kalimatus,” pungkasnya.(Ratno/KC Online)