Mutiara/KC Online.*

PERSIB Bandung akan menghadapi Persipura Jayapura dalam pertandingan lanjutan Liga 1 2018. Laga dijadwalkan berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Sabtu 12 Mei 2018. Kick off digelar pukul 18.30 WIB.

Menjamu Persipura Jayapura tentu bukan perkara mudah bagi Persib Bandung. Saat ini, tim Mutiara Hitam berstatus pemimpin klasemen sementara Liga 1 2018. Dari tujuh pertandingan yang telah dilalui, Persipura baru satu kali mengalami kekalahan. Sisanya, empat laga berakhir dengan kemenangan, dua lainnya imbang.

Performa Persipura yang membuat mereka memimpin klasemen sementara, tak lepas dari kualitas sejumlah pemain andalan. Setidaknya ada tiga pilar yang tersebar di berbagai lini Persipura, yang wajib diwaspadai Persib Bandung.

Lini serang tentu menjadi kunci utama Persipura memenangkan sejumlah pertandingan untuk memimpin klasemen sementara. Dari tujuh pertandingan yang sudah dijalani, Mutiara Hitam mengumpulkan 13 gol. Dari deretan gol-gol tersebut, hadir sosok Marcel Sacramento yang mencetak lima di antaranya.

Catatan tersebut sekaligus menasbihkan dia sebagai penyumbang gol terbanyak untuk Persipura sampai saat ini. Tak heran jika dalam tujuh laga, dia selalu dimainkan. Ini membuktikan bahwa meski sudah berusia 30 tahun, pemain asing berkebangsaan Brasil ini masih patut disegani.

Di posisi gelandang, Ian Kabes menjadi sosok penting bagi Persipura. Dia bahkan termasuk ke dalam tiga pemain yang paling sering dimainkan sampai pekan ke-7 Liga 1 2018. Ian Kabes bahkan belum pernah digantikan ke luar lapangan. Catatan menit bermain di tujuh pertandingan yang dia jalani, sempurna 630 menit.

Tak sekadar menyumbang banyak menit bermain untuk Persipura, dia juga menjadi pemasok umpan kunci paling banyak di Mutiara Hitam. Dua assist telah dia ciptakan, plus satu gol. Jika di lini depan ada Sacramento dan di tengah ada Ian Kabes, maka Yohanis Tjoe menjadi kunci permainan Persipura di sektor pertahanan. Sama dengan Ian Kabes, Tjoe juga tak tergantikan pada tujuh laga Persipura di Liga 1 2018 ini.

Catatan menit bermainnya sempurna 630 menit. Istimewanya, selama itu pula dia belum mendapatkan hukuman berupa kartu dari wasit. Artinya, Yohanis Tjoe tahu cara bermain bersih saat mempertahankan lini belakang Persipura.

Ramadan

Sementara itu, Mei 2018, umat Islam di seluruh dunia akan menunaikan ibadah wajib tahunan, puasa Ramadan. Tak terkecuali para pemain Persib Bandung yang mayoritas juga berstatus muslim.

Terkait hal ini, sejumlah penyesuaian akan dilakukan terhadap rutinitas tim Persib Bandung. Bukan hanya agenda latihan, saat Ramadan, tim kebanggaan bobotoh ini juga akan menghadapi beberapa pertandingan. Terutama laga lanjutan Liga 1 2018.

Pelatih Persib Bandung, Mario Gomez mengatakan, perbedaan paling signifikan yang dialami tim Persib selama Ramadan adalah menu dan waktu latihan. Namun pelatih asal Argentina ini belum memutuskan model latihan seperti apa yang akan diterapkan pada anak asuhnya sehubungan dengan ibadah puasa.

“Nanti, saya akan berdiskusi dengan pemain yang berpuasa, untuk memilih waktu latihan yang tepat. Pasti kami akan siasati, misalkan melakukan latihan menjelang malam atau pada malam hari,” kata Mario Gomez dilansir situs resmi klub.

Dia yakin, meski dalam kondisi puasa Ramadan, performa tim tidak akan terpengaruh. Kalaupun terdapat perbedaan dengan kondisi di bulan lain, itu juga tidak menjadi masalah. Pasalnya, rata-rata tim di Indonesia juga mengalami hal yang sama. “Program latihan untuk pertandingan akan selalu berjalan tanpa gangguan. Pemain juga bisa beribadah dengan baik,” tutur pelatih brusia 61 tahun tersebut.

Menangani tim dengan para pemain yang berpuasa Ramadan, bukan hal baru bagi Mario Gomez. Dia pernah mengalaminya saat menukangi Johor Darul Ta’zim pada musim lalu. Dengan demikian, Gomez sudah berpengalaman dan tidak akan terlalu kaget dengan kondisi di bulan Ramadan. “Saya sudah tahu tentang itu semua. Ini sama seperti ketika saya berada di Malaysia,” tutur dia.

Selama bulan Mei saja, terdapat empat pertandingan yang masuk bulan Ramadan. Yakni bertandang ke markas Persebaya pada Sabtu 19 Mei, menjamu PSM Makassar di Rabu 23 Mei, ke markas Bali United pada Minggu 27 Mei, lalu menjamu Bhayangkara FC pada Rabu 30 Mei. Selain dalam kondisi puasa, rangkaian laga-laga tersebut juga berdekatan. Menurunnya kondisi kebugaran menjadi ancaman untuk tim Pangeran Biru. (PRLM)