(DARI kiri ke kanan), Plt Bupati Kuningan, Dede Sembada, Camat Cidahu, Rusmiadi, Kepala Desa Cibulan, Iwan Gunawan, Plt Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, H. Dodi Nurochmatuddin, meninjau pertanian kedelai, di Desa Cibulan, Kecamatan Cidahu, Rabu (16/05/2018). Erix/ KC Online

KUNINGAN, (KC Online).-

Penanaman kacang kedelai di atas lahan bekas galian pasir di Desa Cibulan Kecamatan Cidahu, diapresiasi oleh pemerintah Kabupaten Kuningan. Bahkan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kuningan, Dede Sembada menyatakan, langkah yang juga mendukung program strategis nasional ini patut dicontoh desa lainnya.

“Penanaman kacang kedelai merupakan program strategis nasional yang berkaitan erat dengan kedaulatan pangan, sehingga harus didukung seluruh pihak, apalagi lokasi penanamannya di area bekas galian pasir sehingga hal ini sangat bagus untuk dijadikan contoh bagi daerah-daerah lainnya,” kata Dede Sembada ketika meninjau lokasi tersebut, kemarin.

Pembukaan lahan pertanian kacang kedelai tersebut, bukan hanya menjadi kebanggaan masyarakat Desa Cibulan, tetapi juga Pemerintah Kabupaten Kuningan. Sehingga diharapkan, hasilnya akan sangat bermanfaat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

Kepala Desa Cibulan Kecamatan Cidahu, Iwan Gunawan, menyambut positif dukungan Pemerintah Kabupaten Kuningan, termasuk dalam pemberian bantuan benih, pupuk, dana dan beberapa unit traktor. Kemudian lanjut Iwan, nantinya hasil panen kedelai akan didistribusikan melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) bekerjasama dengan salah satu pihak bank swasta.

“Pemanfaatan lahan bekas galian pasir yang ditanami kacang kedelai ini merupakan upaya nyata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kuningan, khususnya Desa Cibulan,” tuturnya.(Yan/KC Online)