OPERASI Patuh Lodaya 2018 yang berakhir pada Sabtu (9/5/2018) lalu menghasilkan 2.573 pengendara yang melanggar lalu lintas.*Iwan/KC Online

CIREBON,(KC Online).-

Operasi Patuh Lodaya (OPL) 2018 yang berakhir pada Sabtu (9/5/2018) lalu menghasilkan 2.573 pengendara yang melanggar lalu lintas.
Kasatlantas Polres Cirebon, Ajun Komisaris Ahmat Troy Aprio mengatakan, pelanggar tertinggi adalah warga yang tidak menggunakan helm selama berkendara yang mencapai 1.102 pelanggaran, melawan arus sebanyak 439 pelanggaran, serta pengemudi di bawah umur sebanyak 214 pelanggaran.

Troy mengatakan, selama ini polres terus melakukan sosialisasi pentingnya penggunaan helm, namun masih ada saja warga yang melanggar. “Intinya kita terus bersosialisasi. Lewat operasi patuh lodaya inipun kita sebenarnya bersosialisasi, kalau tidak pakai helm ya kita tilang, kita tekankan pentingnya penggunaan helm untuk keselamatan berlalu lintas,” ujar Troy, Jumat (11/5/2018), di Mapolres Cirebon.

Selain melakukan penilangan terhadap pengemudi kendaraan yang melanggar aturan berlalu lintas, menurut Troy, pihaknya pun melakukan 1.400 teguran terhadap pengendara lainnya.
“Teguran ini kita berikan antara lain kepada pengendara yang melakukan pelanggaran kecil tapi cukup berdampak terhadap keselamatan berlalu lintas, misalnya pengendara yang menggunakan helm namun tidak memakainya dengan benar, jadi hanya asal pakai. Alasan mereka macam-macam, ada yang bilang buru-buru atau lupa, padahal itu penting. Lalu oleh kami dibenarkan hingga terdengar ‘klik’,” ujarnya.

Menurut Troy, pengendara yang ditegur oleh kepolisian selama berkendara ini tidak ditilang, namun tetap saja dicatat sebagai bentuk pelanggaran kecil.

“Kita juga katakan kepada pengendara ini untuk berkendara dengan baik dan harus menggunakan helm dengan baik dan benar,” ujarnya.
Polres Cirebon setidaknya menerapkan beberapa prioritas kendaraan yang ditilang selama OPL lodaya 2018 ini, di antaranya pengemudi menggunakan handphone, melawan arus, pengemudi sepeda motor berbomcengan lebih dari satu orang, serta masih banyak lagi. (C-11)