KUNINGAN, (KC ONLINE). –

Festival Band se-Wilayah III Cirebon Menjadi Puncak Perayaan HUT ke-39 SMK Pertiwi Kuningan.

SMK Pertiwi Kuningan, sebagai sekolah teknik swasta pertama yang berdiri di Kabupaten Kuningan, merayakan puncak hari jadinya yang ke-39, dengan menggelar #CasperDay festival band se-Wilayah 3 Cirebon, di lapangan basket SMK Pertiwi, jalan Siliwangi No. 26 A, Kasturi – Kuningan, Minggu (06/05/2018).

Ribuan siswa-siswi dari berbagai sekolah, 15 grup band hasil audisi dari kabupaten/kota antar SMA / SMK dan SMP / MTS, dan dipandu MC kondang asal Bandung, Toto Pea, serta menghadirkan Souljah yang merupakan artis band nasional yang turut memeriahkan perayaan HUT SMK Pertiwi Kuningan.

Dea Ariana Vamitrianto, selaku Kepala Sekolah mengemukakan bahwa dipilihnya peserta festival dari kalangan sekolah menengah pertama, dengan tujuan mewadahi minat siswa di bidang musik, sekaligus dalam rangka memperkenalkan sarana dan prasarana kampus SMK Pertiwi Kuningan. Terutama 20 ekstra kulikuler yang menjadi salah satu unggulan sekolah untuk menyalurkan bakat dan minat siswa, yang terbukti sudah menghasilkan banyak prestasi yang diraih.

“Ini acara rutin yang biasa kita adakan setiap tahunnya, dikenal dengan acara #CasperDay. Diselenggarakannya festival band, karena anak sekolah yang hobby nge-band sangat banyak di Kuningan, hampir setiap sekolah mempunyai eskul musik. Sementara event musik sebagai ajang ekspresi pementasan bagi mereka sudah sangat jarang sekarang,” tuturnya.

Untuk tema kegiatan yang diangkat pada #CasperDay kali ini dikatakan Dea, “Mencetak Lulusan Support IT”. Dijelaskannya, di era digital sekarang ini dimana semua siswa sudah menggunakan gadget canggih. Diharapkan mampu menerapkannya dalam kehidupan yang bermanfaat.

“Meskipun siswa bukan jurusan teknik IT, tapi semua sekarang paling tidak jangan sampai gagap dengan teknologi. Zaman now, siswa menggunakan HP udah bisa bikin video, misal yang seneng nge-band bisa merekam perform mereka, kemudian diunggah di youtube atau media sosial lainnya, sampai banyak yang suka dan terkenal hingga jadi artis, bahkan bisa meraup penghasilan kalau kita bisa memanfaatkan teknologi informasi secara positif,” kata Dea.

Adapun yang menjadi pemenang dalam ajang festival band tersebut. Untuk kategori tingkat Sekolah Menengah Atas, Juara 1 diraih grup band Panglima, dari SMAN 1 Talaga, Kabupaten Majalengka. Juara 2, diraih grup band Sosial Virus, dari SMAN 1 Kuningan. Juara 3, diraih grup band New Slide, dari SMAN 1 Luragung.

Sementara untuk kategori Sekolah Menengah Pertama, Juara 1 diraih grup band One Way, dari SMPN 1 Kuningan. Juara 2 diraih grup band Profiasta, dari SMPN 1 Talaga, kabupaten Majalengka. Serta selain itu, diberikan juga hadiah dan trophy kepada para pemain band terbaik, sesuai instrument yang dimainkannya.(Erix)