Uca Somantri, Kepala BKPSDM Kabupaten Kuningan. (Profil) / Emsul/KC Online

Uca Somantri

BANYAK tugas pokok dan fungsi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). Selain melakukan pembinaan terhadap seluruh aparatur sipil negera (ASN) yang bertugas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan, juga memberikan layanan informasi, kenaikan pangkat, berkala dan sebagainya.

Kemudian sebagai ungkapan rasa syukur terhadap pelayanan yang diberikan BKPSDM, seluruh aparatur didorong kepeduliannya terhadap kelestarian lingkungan melalui program aparatur peduli lingkungan yang populer dengan sebutan “Apel”. Digulirkannya program tersebut mendapat sambutan positif dari seluruh pegawai.

“Sejak digulirkannya program Apel di lingkungan Pemkab Kuningan, banyak memberikan manfaat bagi kelestarian lingkungan. Selain untuk penghijauan lahan juga untuk mengantisipasi kepunahan burung dan ikan di perairan umum. Jadi jika lingkungan ingin tetap lestari, maka harus diawali dari kepatuhan dari diri sendiri, sebagai aparatur pemerintah dan individu di tengah masyarakat,” kata Kepala BKPSDM Kabupaten Kuningan, Uca Somantri, kepada KC Online, Selasa (15/5/2018).

Dia pun berharap, program Apel yang digagas sejak 2010 hingga sekarang, dapat terus berkesenimbungan. Apalagi Kuningan sebagai kabupaten konservasi, potensi sumber daya alam yang ada harus menjadi perhatian serius semua pihak. Karena akan memberikan manfaat besar bagi kehidupan masyarakat.

“Jumlah pohon yang ditanaman, burung yang sebarkan di beberapa kawasan hutan kota, dan jutaan ekor ikan yang ditebar di perairan umum, akan memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat.
Karena itu seluruh aparatur dan kalangan masyarakat lainnya diharapkan bisa berbuat yang terbaik demi kelestarian alam,” katanya. (Emsul/KC Online)