Ujang Suratno, Rektor Universitas Wiralodra (Unwir). Profil. Ratno/KC Online

Ujang Suratno

UNTUK mewujudkan sebuah universitas yang berkualitas, unggul dan kompetitif, Universitas Wiralodra (Unwir) Indramayu terus melakukan penguatan kelembagaan di atas Standar Nasional Dikti, dengan maksud agar prodi-prodi yang ada menjadi kuat dan berakreditasi A pada tahun 2030 mendatang.

Salah satu syarat untuk menyandang akreditasi A, setiap fakultas harus dihuni minimal dua orang dosen berstatus doktor atau S3. “Saya optimistis, tahun 2030 mendatang Unwir akan menyandang akreditasi A,” ujar Rektor Unwir Indramayu, Ujang Suratno ketika bincang-bincang dengan KC Online usai pelantikan Rektor Unwir Indramayu, Selasa (15/5/2018).

Saat ini, Unwir Indramayu telah memiliki sedikitnya 20 doktor terbagi 6 doktor di Fakultas Hukum (FH), 3 doktor di Fakultas Pertanian, 1 doktor di Fakultas Tehnik, 5 doktor di Pasca Sarjana, 4 doktor di FKIP dan 1 doktor yang saat ini menjabat rektor.

Program yang akan dilakukan diarahkan pada pemeliharaan, peningkatan dan pengembangan dengan menjalankan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan pengembangan (PPEPP). Dimana evaluasi dilakukan melalui audit mutu internal (AMI), baik pada pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, penelitian ataupun pengabdian kepada masyarakat.

Salah satunya melalui program penyempurnaan penataan sistem administrasi pendidikan dan pengajaran melalui teknologisasi.

Dia menilai, proses pengalihan status menjadi PTN akan lebih mudah dan efesien karena Unwir Indramayu telah memiliki sarana dan prasarana penunjang yang layak, seperti luas lahan, SDM dosen, gedung, laboratorium, kelembagaan, aset, para dekan, dosen, mahasiswa maupun pendukung lainnya.

“Untuk memenuhi kriteria akreditasi A, dibutuhkan dukungan dari seluruh kalangan termasuk di dalamnya peran pemerintah daerah. Oleh karena itu, para dekan, dosen maupun mahasiswa diharapakan mampu mengimplementasikannya dengan baik agar tujuan untuk membangun universitas yang unggul, berkualitas dan kompetitif dapat terwujud,” harapnya.(Ratno/KC Online)