CIREBON, (KC Online). –

Pansus 3 DPRD Provinsi Jawab Barat siap memperjuangkan penguatan kelembagaan Satpol PP untuk memaksimalkan tugas pokok dan fungsi dinas tersebut.

Hal ini terungkap dalam kunjungan tim Pansus 3 Provinsi Jawa Barat ke kantor Satpol PP Kabupaten Cirebon, Senin (16/7/2018).

Kedatangan rombongan diterima Kasatpol PP Kabupaten Cirebon, Ade Setiadi dan Kasatpol PP Kota Cirebon, Andi Armawan.

Ketua Pansus 3, Darius Dologsaribu kepada kabar cirebon.com,  menerangkan, tugas pokok dan fungsi Satpol PP sangat besar dan penting. Satpol PP merupakan dinas atau lembaga pemerintah yang salah satu tugasnya adalah melaksanakan peraturan daerah (perda).

“Satpol PP juga punya kewajiban melakukan pembinaan ke masyarakat, menjaga ketertiban dan ketentraman maupun perlindungan. Karena itu,  lembaga ini perlu di-back up juga dalam  anggarannya,” tandasnya.

Dirinya meminta para kepala daerah se-Jawa Barat bisa mendukung upaya penguatan kelembagaan Satpol PP, karena keberadaannya memang sangat mendesak untuk lebih dikuatkan.

Hal senada disampaikan tim Pansus 3, Bambang Mujiarto. Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari PDI Perjuangan ini mendesak alokasi khusus untuk anggaran Satpol PP.

“Idealnya anggaran Satpol PP itu 0,16 persen dari APBD kota/kabupaten. Di sejumlah daerah di Indonesia, penguatan Satpol PP sudah dilakukan, ”  lanjut anggota dewan asal Kabupaten Cirebon ini.

Baik Ade Setiadi maupun Andi Armada mengapresiasi dan mendukung perjuangan Pansus 3 dalam upaya menguatkan kelembagaan Satpol PP, seraya berharap segera diwujudkan.

“Kalau Satpol PP sudah kuat dalam kelembagaan maka anggarannya lebih besar dan sumber daya manusia (SDM) makin mumpuni. Outputnya juga untuk daerah dan masyarakat itu sendiri, ” kata mereka.(Noli)