KUNINGAN, (KC Online).-

Puluhan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Kabupaten Kuningan periode 2019-2024 dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang akan bertarung di lima daerah pemilihan (dapil) pada April 2019 mendatang, dalam pengurusan persyaratan dan pembiyaannya, dimanjakan oleh partai berlambang Ka’bah.

Di antaranya, untuk proses pendaftaran sekaligus pembayaran keuangan pemeriksaan jasmani atau pemeriksaan fisik (KIR dokter) Rp 25.000 dan pemeriksaan kesehatan rohani/tes psikotes oleh dokter spesialis kesehatan kejiwaan Rp 350.000, ditangani langsung Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Kabupaten Kuningan.

Padahal sebagian besar bacaleg dari partai-partai politik lainnya yang sudah antri mengurus persyaratan kersehatan jasmani dan rohani di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)’45 Kuningan sejak Jumat (6/7/2018) sampai batas yang telah ditetapkan tersebut, harus mengeluarkan biaya sendiri.

“Memang benar, para Bacaleg PPP Kabupaten Kuningan, dibantu pembiayaan untuk mengurus biaya pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani. Kecuali pemeriksaan skrining narkoba dengan pengambilan sampel urine untuk diteksi terhadap enam parameter, di RSUD’45 Kuningan, itu bayar pribadi.
Bedahalnya ketika saya dulu mencalonkan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Dapil I pada tahun 2014 lalu, karena segala sesuatu pembiayaannya, ditanggung sendiri. Tetapi tidak tahu, kalau yang lain sih,” ujar Ketua DPC PPP Kabupaten Kuningan, H. Uus Yusuf, Minggu (8/7/2018).

Lebih lanjut dikatakan warga Kelurahan Awirarangan Kecamatan Kuningan, kebijakan pemberian bantuan subsidi terhadap terhadap para kader dan tokoh terbaik yang akan bertarung di pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019 mendatang, diharapkan benar-benar bermanfaat sekaligus membantu meringankan pembiayaan sehingga mereka semakin bersemangat.

Selain pembiayaan, kata Uus, jajaran pengurus juga pro aktif membantu memfasilitasi kemudahan para bacaleg yang belum lengkap berbagai persyaratan pencalonannya karena data-data tersebut, harus didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan.
Termasuk input data melalui Aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

“Kami bersama jajaran Bacaleg PPP Kabupaten Kuningan akan berikhtiar secara maksimal supaya pada pesta demokrasi April 2019 mendatang, bisa mendapatkan minimal empat sampai lima kursi DPRD atau lebih. Target tersebut, tidak muluk-muluk karena melihat sekaligus mempertimbangkan potensi figur-figur bacaleg dan kinerja mesin partai,” tandasnya.(C-29)