BUPATI H Sunjaya Purwadisastra menerima penghargaan Kabupaten layak anak tingkat pratama dari Menteri PPA Yohana Susana Yembise di Surabaya, Senin (23/7/2018).* IST/KC Online

CIREBON,(KC Online).-

Untuk ketiga kalinya, Kabupaten Cirebon kembali meraih penghargaan sebagai kabupaten layak anak tingkat pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak.

Penyerahan anugerah ini dilakukan langsung oleh Menteri PPA Yohana Susana Yembise Kepada Bupati Cirebon H Sunjaya Purwadisastra, Senin (23/7/2018), di Surabaya.

Sebelum memenangkan anugerah ini, tim penilai terlebih dahulu datang ke Kabupaten Cirebon. Hasilnya, Puskesmas Beber dinyatakan sebagai puskesmas ramah anak karena telah dilengkapi sejumlah fasilitas bagi anak-anak yang berobat ke puskesmas tersebut.

“Alhamdulilah, anugerah ini kita dapatkan bertepatan dengan Hari Anak Nasional yang jatuh tiap tanggal 23 Juli, ini adalah kemenangan anak-anak di Kabupaten Cirebon,” kata Sunjaya.

Menurutnya, meski baru memenangkan anugerah tingkat pratama, namun keberhasilan ini merupakan lecutan semangat bagi Pemerintah Kabupaten Cirebon. Anugerah ini sendiri memiliki beberapa tingkatan, antara lain tingkat pratama, madya, nindya, dan utama.

“Kita telah berupaya untuk Puskesmas Beber agar dilengkapi sejumlah fasilitas. Alhamdulilah ternyata berhasil. Namun, melengkapi fasilitas bukan berarti kita ingin mengejar anugerah semata, melainkan karena kewajiban Pemkab Cirebon untuk memberikan pelayanan prima kepada anak-anak kita,” katanya.

Kedepan, menurutnya, Pemkab Cirebon akan berupaya meningkatkan tingkat dari pratama ke madya, dan seterusnya. “Itu menandakan kita serius memberikan pelayanan kepada anak-anak, sebab mereka generasi masa depan yang harus kita dukung dalam berbagai periode kehidupannya, baik dari sisi kesehatan maupun pendidikan,” kata Sunjaya.

Namun, menuju tingkat selanjutnya, tambah Sunjaya, pihaknya memerlukan proses yang panjang antara lain membutuhkan juga peran serta masyarakat di dalamnya.

“Perlu waktu yang panjang, proses yang panjang, kita perlu banyak persiapan, namun dengan niat yang tulus ingin memberikan kontribusi yang nyata bagi perkembangan anak-anak di Kabupaten Cirebon, maka saya berharap anugerah ini akan terus berjenjang tingkatnya, lalu manfaat bagi anak-anak di Kabupaten Cirebon pun akan terasa,” ujarnya.

Di Hari Anak Nasional, Sunjaya juga meminta para orang tua untuk mendidik anaknya dengan maksimal. Menurutnya, peran keluarga akan sangat membantu dalam menumbuhkembangkan pikiran serta kecerdasannya.

“Keluarga adalah tempat ternyaman bagi mereka, maka berikanlah kenyamanan itu. Jika keluarga berantakan, maka tumbuh kembang anak juga tidak akan maksimal, maka saya harapkan peranan orang tua juga untuk maksimal dalam mendidik anak-anaknya,” tukasnya. (C-11)