Presiden Joko Widodo menyatakan sudah mengantongi nama calon wakil presiden yang akan mendampinginya maju dalam Pilpres 2019.* PRLM

JAKARTA, (KC Online).-

Presiden Joko Widodo menyatakan sudah mengantongi nama calon wakil presiden yang akan mendampinginya maju dalam Pilpres 2019. Pernyataan itu dia sampaikan usai menutup acara Rembug Nasional Aktivis 98 di JI-Expo Kemayoran Jakarta, Sabtu (7/7/2018).

“Sudah ada, tinggal diumumkan,” kata Jokowi. Dia menyebutkan, pengumuman akan dilakukan pada saat yang tepat.
“Tunggu. Ini kan tinggal menunggu berapa hari, masak tidak sabar,” katanya.

Sementara itu, menanggapi kabar nama Anies Baswedan yang disebut akan menjadi cawapres, Jokowi mengatakan, semakin banyak pilihan akan semakin baik.
“Saya kira semakin banyak pilihan yang disodorkan, saya kira sangat bagus. Siapapun, sangat bagus,” katanya seperti dilaporkan Antara.

Pada Februari 2018, secara resmi PDIP mengusung Joko Widodo sebagai calon presiden Periode 2019-2024. Sejumlah partai politik juga sebelumnya telah secara jelas menyatakan dukungannya kepada Jokowi untuk maju dalam Pilpres 2019.

Deklarasi pengusungan Jokowi sebagai calon presiden berlangsung dalam Rapat Kerja Nasional PDIP di Hotel Grand Inna Beach Sanur, Bali pada 23 Februari 2018.
Pada Pilpres 2019, Jokowi sampai saat ini telah diusung delapan partai politik yaitu Partai Nasional Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Golkar, PPP, dan Partai Hanura.

Berikutnya, tiga partai politik lain memberi dukungan yakni Perindo, PKPI, serta PDIP.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan membuka pendaftaran pasangan capres dan cawapres Pilpres 2019 pada 4-10 Agustus 2018. Penetapan capres dan cawapres Pilpres 2019 akan dilakukan pada 20 September 2018.Tiga hari kemudian, pada 23 September 2018, akan digelar kampanye Pileg dan Pilpres 2019.(PRLM/KC)