KABUPATEN Kuningan keluar sebagai juara umum Komptisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Jabar 2018 berlangsung di Kota Bekasi yang digagas Kementerian Agama, belum lama ini. Mereka adalah para pemenang dari Kuningan masing-masing sekolah (MI, MTs dan MA) yangad ada di Kab. Kuningan, belum lama ini. Emsul/KC Online

KUNINGAN, (KC Online).

Kontingen Kabupaten Kuningan berhasil menjadi juara umum Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) 2018, di Kota Bekasi pada 24-25 Juli 2018. Pada even yang diselenggarakan Kementerian Agama (Kemenag) ini utusan dari Kabupaten Kuningan mampu mengungguli peserta lainnya dari tingkatan Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsnawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

“Alhamdulillah, dengan berbekal semangat dan percaya diri akhirnya kontingen dari Kuningan, secara merata memiliki prestasi yang patut diberikan acungan jempol. Mereka telah berusaha maksimal dalam mengikuti kegiatan tersebut,” kata unsur pengurus MKKS MA Kabupaten Kuningan, H Iman Suryaman, Senin (30/7/2018).

Disebutkannya, pada KSM tahun ini kontingen Kabupaten Kuningan menurunkan 11 peserta didukung 11 pembimbing, 11 ofisial, 5 kepala MI, 9 kepala MTs dan 5 kepala MA serta pejabat Kemenag Kuningan, H Rokhidin, sehingga keseluruhan berjumlah 52 orang. Mereka mengikuti seluruh mata pelajaran yang dilombakan, terdiri dari IPA, Matematika, IPS, Ekonomi, Fisika, Geografi, Kimia dan Biologi.

“Sebelum mengikuti kompetisi tersebut, masing-masing sekolah melakukan seleksi untuk ke tingkat kabupaten, hingga terpilih siswa-siswa unggulan untuk diikutsertakan dalam KSM tingkat provinsi. Akhirnya berkat kesungguhan dari masing-masing sekolah dalam membina putra dan putrinya, akhirnya mereka berhasil menjadi juara umum KSM ke-6 tingkat Jawa Barat 2018,” katanya.

Ketua MKKS MTs Kabupaten Kuningan, H Dadang Haerudin, menuturkan, para siswa yang meraih prestasi tinggi di even ini berhak mewakili Jawa Barat untuk mengikuti tahapan lomba KSM tingkat nasional, yang akan diselenggarakan di Bengkulu.

“Diharapkan peserta dari Kuningan yang mewakili provinsi, mampu memperlihatkan prestasi sehingga dapat meraih juara nasional. Terbukti beberapa siswa dari Kuningan cukup berpengalaman dalam mengikuti lomba serupa, seperti dalam kegiatan FL2SN yang diselenggarakan Kemendikbud di Padang, belum lama ini, siswa MTs Negeri 3 Cigugur, Alfi mewakili Jawa Barat di even ini,” katanya.(Eman/KC Online)