KUNINGAN, (KC Online).-

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, menginginkan pencak silat sebagai olahraga asli Indonesia terus dikembangkan ke pentas dunia.

“Sejak Indonesia mendapat amanah menjadi tuan rumah Asian Games, saat itu saya meminta agar pencak silat untuk dipertandingkan, dan Alhamdulilah pada pelaksanaan Asian Games Agustus nanti pencak silat dipertandingkan. Dan saya yakin, Insya Allah nanti pencak silat akan menyumbangkan medali untuk bangsa ini,” kata Imam Nahrawi saat membuka Festival Seni Pencak Silat, di Open Space Gallery Kertawangunan, Kecamatan Sindangagung, Selasa (10/7/2018).

Menteri asal Bangkalan Madura ini juga memberikan apresiasi kepada daerah-daerah yang secara rutin menggelar kejuaraan pencak silat. “Saya senang adanya kejuaraaan seperti ini. Acara ini bisa menjadi ajang proses pencarian bibit-bibit atlet pencak silat baru untuk Indonesia. Jadi saya ingin kegiatan ini terus rutin untuk digulirkan,” katanya.

Sementara Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menpora RI yang sudah berkenan hadir dan membuka Festival Seni Pencak Silat se-Jawa Barat ini.

“Kuningan sendiri saat ini tengah fokus terhadap proses pembibitan atlet. Ada beberapa atlet asal Kuningan yang memiliki potensi dan prestasi di tingkat nasional, seperti atlet atletik, Eki Febry Ekawati, Tresna Puspita, dan beberapa atlet lainnya. Semakin banyak kegiatan olahraga yang digelar, maka akan banyak melahirkan atlet berpotensi,” katanya.

Tematis

Ketua Panitia Festival Seni Pencak Silat, KH. Subhan, menyebutkan even yang diselenggarakan bekerjasama dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) tersebut diikuti 240 pesilat dari 25 paguron. Peserta unjuk penampilan selama 7-15 menit, dengan jumlah 5-15 pesilat setiap regunya.

“Untuk penilaian yang dipertandingkan secara tematis, terdiri dari artistik, akrobatik, musik, tematik, koreografi, kekompakan, dan alur cerita garapan pencak silat, dari jurus-jurus keilmuan paguronnya,” kata dia.

Ketua Pengcab IPSI Kabupaten Kuningan, Ukas Suharfaputra, menyatakan apresiasi dan dukungan penuh terhadap even tersebut.
Menurutnya, festival ini sangat baik dan harus sering diselenggarakan. Supaya para pesilat semakin terasah dan bisa meraih prestasi yang lebih baik lagi.

“Sekaligus untuk melestarikan seni budaya bangsa Indonesia,” ujarnya.(Erix/KC Online)