GRAND Launching ‘Pasar Maya Asih’, di Hutan Kota Kuningan Mayasih, Kelurahan/Kecamatan Cigugur, Minggu (15/7/2018). Erix/KC Online

KUNINGAN, (KC Online).-

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan kembali menunjukkan keseriusannya dalam upaya mendukung pengembangan daya tarik wisata di daerahnya, dengan meresmikan operasional Pasar Maya Asih di Hutan Kota Kuningan, Kelurahan/Kecamatan Cigugur, diresmikan Bupati H. Acep Purnama, Minggu (15/7/2018).

Bupati H. Acep Purnama saat peresmian Pasar Maya Asih menyatakan
dukungan penuhnya untuk program tersebut. Karena dengan dikenalkannya program tersebut, akan memberikan atraksi wisata baru yang diharapkan mampu meningkatan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kuningan, khususnya ke Hutan Kota Kuningan Mayasih.

Sekaligus ini juga sebagai bentuk dukungan pemerintah kepada Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Kabupaten Kuningan sebagai penggiat pariwisata yang telah menungkan ide serta kreativitasnya, sehingga akan memberikan dampak positif bagi anggota GenPI, masyarakat, dan pemerintah.

“Saya atas nama Pemkab Kuningan, ingin menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Disporapar, juga dinas terkait lainnya, serta mengapresiasi langkah GenPI Kabupaten Kuningan yang telah bekerja keras dalam pengembangan pariwisata. Khususnya dengan meluncurkan ‘Pasar Maya Asih’ yang akan digelar setiap hari Minggu,” katanya.

Setelah diresmikan pembukaannya oleh bupati yang didampingi calon Wakil Bupati Kuningan terpilih (2018-2023), M. Ridho Suganda, bersama Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar), serta jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya, ditetapkan pasar tersebut dibuka setiap Minggu pukul 07.00 WIB-13.00 WIB.

Kepala Disporapar Kabupaten Kuningan, Jaka Khaerul, melalui Kepala Bidang Pemasaran, Hj. Nani Rusnani, menuturkan, kegiatan Pasar Maya Asih ini dapat menjadi tonggak awal majunya pariwisata Kabupaten Kuningan. Untuk itu, pihaknya mengajak semua pihak dan seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan supaya bisa bersama-sama memberikan dukungannya dengan ikut berperan aktif mempromosikan program ini.

“Kunjungi, nikmati keindahan alam dan kuliner tradisional serta beragam atraksi seni dan rupa-rupa permainan tradisional khas Sunda, juga wahana pecinta alam, yang disuguhkan di Pasar Maya Asih,” katanya.

Respon positif

Sementara itu, pengunjung dan pedagang di Pasar Maya Asih menyambut baik keberadaan pasar tersebut. Karena dengan berjualan di obyek wisata yang dikemas menarik dan sangat kreatif, membuat banyak pengunjung yang datang serta berbelanja di pasar wisata ini.

“Ini bagus sekali, kami pedagang merasa senang. Karena berjualan juga gerobaknya disediakan. Terima kasih buat Pemkab Kuningan, yang sudah memperhatikan nasib pedagang, juga kepada Disporapar dan GenPI yang sudah membuat terobosan kreatif di Hutan Kota Kuningan. Hingga kami masyarakat sekitar bisa mendapatkan keuntungan juga,” kata Acih Darna, pedagang bakso warga Kelurahan Cigugur.

“Suasana begitu meriah di hari Minggu pagi. Bagi kami untuk berekreasi memandang panorama alam, suguhan panggung seni tradisional, sambil menikmati jajanan kuliner khas Kuningan. Saya suka sekali, harga makanannya pun sangat terjangkau. Sungguh berkesan, kiranya saya bersama keluarga akan sering berkunjung kalau sedang ke Kuningan,” ungkap Cici Lili, asal Singkawang Kalimantan Barat.(Erix/KC Online)