BUPATI Indramayu Anna Sophanah mengukuhkan pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Indramayu periode 2017-2022, di Gedung Dewan Pendidikan setempat, Selasa (10/7/2018). Cipyadi/KC Online

INDRAMAYU, (KC Online).-

Bupati Indramayu Anna Sophanah mengukuhkan pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Indramayu periode 2017-2022, di Gedung Dewan Pendidikan setempat, Selasa (10/7/2018).

Dalam periode kepengurusan selama lima tahun ke depan, Dewan Pendidikan Indramayu kembali dipimpin oleh Suhaeli.

Kepada kepengurusan yang baru terbentuk, Bupati mengamanatkan agar mereka dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya secara baik dan benar sebagai mitra kerja pemerintah daerah. Dewan Pendidikan juga dituntut untuk mampu menjawab tantangan ke depan yang akan semakin kompleks.

“Dewan Pendidikan Indramayu mempunyai peran yang sangat strategis. Kepengurusan yang baru dikukuhkan, harus mampu menghadapi tantangan yang semakin berat bagi dunia pendidikan, khususnya di Kabupaten Indramayu,” ungkap Bupati Indramayu Anna Sophanah.

Salah satu tantangan besar tersebut, tidak berasal dari internal keluarga peserta didik. Namun tantangan terbesar di tengah era modern saat ini adalah bagaimana semua pihak mampu menangkal pengaruh negatif dari sebuah perubahan zaman yang terjadi.

Di antaranya kemudahan akses informasi dan komunikasi yang dapat dengan mudah diperoleh dalam genggaman. Perkembangan kemajuan teknologi dan informasi yang masuk di sekolah jangan sampai bebas tanpa batas. Jika tidak disikapi dengan arif dan hati-hati, maka bukan tidak mungkin generasi kita akan menjadi generasi yang lepas kendali.

Pada komposisi kepengurusan Dewan Pendidikan periode 2017-2022, tampak melibatkan berbagai elemen. Mulai dari akademisi, jurnalis, praktisi hukum, tokoh agama, hingga melibatkan kalangan pengusaha.

Prosesi pengukuhan turut pula disaksikan oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Kabupaten Indramayu, Kepala Dinas Pendidikan, serta sejumlah undangan lainnya. Mereka turut menyaksikan mantan kepala dinas sekaligus mantan Ketua PGRI Indramayu, Suhaeli, kembali memimpin Dewan Pendidikan di bumi Wiralodra.

“Pendidikan secara kualitas maupun kuantitas mutlak harus bisa dijalankan dengan sebaik-baiknya dan tugas itu harus menjadi tanggung jawab semua stakeholder pendidikan. Termasuk Dewan Pendidikan di dalamnya,” tutur Suhaeli.

Dewan Pendidikan juga akan menjalankan fungsi sebagai pemberi masukan dan solusi kepada Pemerintah Kabupaten Indramayu. Salah satunya memberikan saran-saran guna meningkatkan IPM di Kabupaten Indramayu. (Cipyadi/KC Online)