MENJELANG penutupan penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2018/2019 yang ditutup pada Selasa (10/7/2018), SMAN 1 Majalengka sebagai sekolah favorit diburu para siswa. Jejep/KC Online

MAJALENGKA, (KC Online).-

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2018/2019 telah ditutup pada Selasa (10/7/2018). Penutupan ini untuk pendaftaran jalur Nilai Hasil Ujian Nasional (NHUN) yang dilaksanakan pada 5-10 Juli 2018.

Di Kabupaten Majalengka sendiri, SMAN 1 Majalengka merupakan sekolah favorit yang menjadi buruan para peserta didik baru dan pilihan orang tua dalam mensekolah anaknya.

Kepala Sekolah SMAN 1 Majalengka Hj. Aah Suniah mengatakan, PPDB sendiri merupakan layanan pendidikan yang bertujuan memenuhi hak-hak dasar warga negara untuk memperoleh pendidikan yang bermutu dan berkeadilan dengan menerapkan asas objektif, akuntabel, transparan, dan tanpa diskriminasi sehingga mendorong peningkatan akses layanan pendidikan.

“Kalau pendaftaran penerimaan peserta didik baru dapat dilakukan secara individu oleh orang tua calon peserta didik atau kolektif oleh satuan pendidikan asal,” kata istri dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Majalengka, H Ahmad Sodikin ini.

Dijelaskan dia, pada saat pendaftaran itu ada yang dilakukan secara kolektif atau secara langsung ke satuan pendidikan yang dituju, atau dapat dilakukan ke cabang dinas pendidikan sesuai wilayah dengan membawa dokumen yang dipersyaratkan.

Sedangkan secara teknis, lanjut dia, dasar utama proses seleksi PPDB menggunakan pertimbangan radius domisili calon peserta didik ke sekolah tujuan. Radius sendiri, kata dia, merupakan jarak antara dua titik koordinat domisili dan lokasi satuan pendidikan yang dituju.

“Radius sendiri diukur oleh panitia PPDB bagian input data di satuan pendidikan dengan menggunakan sistem IT-aplikasi PPDB,” paparnya.

Akan tetapi, lanjut dia, secara khusus untuk proses seleksi pada SMK jalur prestasi dan jalur NHUN tidak menggunakan pertimbangan radius domisili calon peserta didik. Proses seleksi PPDB dilaksanakan secara otomatis dengan menggunakan sistem IT-Aplikasi PPDB yang berlangsung secara daring (online).

“Nah disini peserta dapat memantau proses seleksi tersebut pada alamat website ppdb.disdik.jabarprov.go.id,” paparnya.

Terkait hasil pengumuman hasil seleksi PPDB, lanjut dia, akan diinformasikan melalui media online pada situs web PPDB Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dengan alamat situs web ppdb.disdik.jabarprov.go.id. “Hasil seleksi PPDB merupakan daftar urutan calon peserta didik yang terdapat pada laman resmi aplikasi PPDB online yang sesuai dengan kouta atau daya tampung,” paparnya.

Selain itu, untuk perkembangan tahap seleksi jalur NHUN dapat dilihat pada alamat website setiap dua hari setelah operator satuan pendidikan atau cabang dinas pendidikan wilayah melakukan input dan unggah (upload atau data calon peserta didik).

Petugas PPDB online yang juga guru SMAN 1 Majalengka, Aan menambahkan, saat ini yang telah mendaftar ke SMAN 1 Majalengka sebanyak 291 orang siswa dari berbagai daerah di Kabupaten Majalengka, termasuk dari luar kota. “Karena sekolah kami dibatasi jumlah siswanya, maka yang tidak lulus akan secara otomatis pindah ke sekolah pilihan kedua,” ujarnya.

Dia menambahkan, setiap PPBD dibuka, SMAN 1 Majalengka menjadi dambaan para peserta didik yang ingin bersekolah. “Sudah sejak dulu, sekolah kami selalu membludak siswa yang akan sekolah di sini,” ujarnya. (Jejep/KC Online)