SMP Negeri 1 Kramatmulya Kabupaten Kuningan, kini menjadi sekolah rujukan nasional, karena dari tahun ke tahun selalu memperlihatkan prestasi dibidang akademik maupun non akademik. Emsul/KC Online

KUNINGAN, (KC Online).-

Setelah melalui tahap seleksi Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kramatmulya Kabupaten Kuningan terpilih menjadi salah satu sekolah rujukan nasional.

Prestasi ini sesuai dengan yang tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nomor 2989/03/KP/2018.

Kepala SMPN 1 Kramatmulya, H Pipin Mansur Aripin menuturkan, untuk meraih predikat sekolah rujuan nasional tidak mudah. Karena harus melalui tahap penilaian yang dilakukan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Kemendikbud melalui laporan secara online terkait data pokok pendidikan (Dapodik).

Dikemukakannya, Dapodik ini merupakan sistem pendataan skala nasional secara terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional, yang menjadi bagian dari program perencanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif.

“Tanpa ada pemberitahuan sebelumnya, saya sempat kedatangan seseorang dari Dirjen Dikdasmen yang dilengkapi dengan surat tugas untuk melalukan penilaian secara menyeluruh terhadap sekolah dan kepala sekolah,” katanya, Selasa (7/8/2018).

Menurutnya, dalam melakukan penilaian kinerja kepala sekolah, penilai hanya melakukan wawancara dengan para guru dan bagian Tata Usaha.

Lalu beberapa hari kemudian, Pipin mendapat surat dari Dirjen Dikdasmen yang mengharuskannya untuk mengikuti workshop sekolah rujukan nasional selama empat hari di Yogyakarta, hingga akhirnya dinyatakan lolos seleksi menjadi sekolah rujukan nasional.

“Alhamdulillah, dari Kuningan hanya SMPN 1 Kramatmulya yang memenuhi persyaratan dan terpilih menjadi sekolah rujukan nasional, dalam upaya peningkatan mutu pendidikan dari berbagai segi. Mulai dari peningkatan mutu pendidikan secara akademik, non akademik dan sebagai sekolah adiwiyata nasional serta pelaksanaan program pendidikan lainnya,” kata ketua PGRI Kabupaten Kuningan ini.

Wajah Kuningan

Sekolah yang memiliki motto HEBAT (Hijau, Elok, Bersih, Agamis dan Teladan) ini pun terus memperlihatkan kemajuan. Bahkan berhasil meraih berbagai prestasi untuk menuju sekolah metropolis berbudaya lingkungan, sekolah sehat dan sekolah ramah anak tanpa kekerasan, hingga menjadi sekolah rujukan nasional.

Lembaga pendidikan ini harus menjadi taman belajar sehingga siswa, guru dan semuanya akan merasa lebih betah tinggal di sekolah. Oleh karena itu, SMPN 1 Kramatmulya ke depan ingin menjadi etalase pendidikan di wilayah utara Kabupaten Kuningan. (Eman/KC Online)