Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, Raji K Sarji, Kamis (9/8/2018) Agus/KC Online

KUNINGAN, (KC Online).-

Peralihan musim dari hujan ke kemarau yang disertai dengan perubahan cuaca yang cukup ekstrem mengharuskan masyarakat untuk waspada.

Sebab berbagai penyakit rentan menyerang tubuh, termasuk diantaranya infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) yang muncul pada musim kemarau.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, Raji K Sarji, Kamis (9/8/2018), mengungkapkan, dengan adanya perubahan musim hujan ke kemarau yang sudah berjalan beberapa bulan terakhir, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan dari pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) adanya warga yang terserang penyakit ISPA, diare maupun demam berdarah akibat gejala yang timbul di musim kemarau.

Ia menyebutkan, penyakit ISPA ini bisa diakibatkan dari cuaca panas yang mengakibatkan dehidrasi, ditambah banyak mengonsumsi minuman dingin. Kemudian pada malam hari kedinginan dan pagi harinya tidak berolahraga, sehingga timbul penyakit infeksi pada saluran pernapasan.

“Bagaimanapun juga sehat itu mahal, jadi masyarakat harus aktif menjaga kesehatan. Biasanya jika ada masyarakat yang terserang ISPA, Puskesmas akan melaporkannya kepada kami. Sebab merekalah yang akan mengetahui karena merupakan garda terdepan dari kami,” katanya.

Germas

Kemudian jika ada penyakit dominan yang berjangkit pada musim kemarau ini, lanjut Raji, maka harus dilakukan komunikasi, informasi dan edukasi, sebagai langkah antisipasi dengan mendorong masyarakat untuk menjaga kesehatan mereka melalui gerakan masyarakat sehat (Germas), yang pada praktiknya menerapkan pola hidup bersih dan sehat, seperti tidak melakukan buang air besar sembarangan di kebun dan sungai, mencuci tangan sebelum makan, tidak membuang sampah sembarangan, asupan gizi yang bagus, berolahraga teratur dan sebagainya.

“Kami imbau masyarakat untuk selalu membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat. Sehingga terbangun kesadaran pentingnya menjaga kesehatan agar terhindar dari ancaman penyakit,” katanya.(Agus/KC Online)