Angkatan alumni 88 Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Padjadjaran (Unpad) bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Majalengka akan menggelar seminar nasional, dengan tema Majalengka Medical Update (MMU) 2018, di Gedung Graha Sindang Kasih Kabupaten, Sabtu 22 September 2018 mendatang. Jejep/KC Online

MAJALENGKA, (KC Online).-

Angkatan alumni 88 Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Padjadjaran (Unpad) bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Majalengka akan menggelar seminar nasional, dengan tema Majalengka Medical Update (MMU) 2018, di Gedung Graha Sindang Kasih Kabupaten, Sabtu 22 September 2018 mendatang.

Sehari setelah seminar, akan dilaksanakan kegiatan bakti sosial (baksos) berupa pemberiaan ratusan buku serta pembangunan gedung ruang perpustakaan di Pondok Pesantren Al-Quraniyah, pimpinan Kiai Yuyud Aspiyudin di wilayah Kelurahan Majalengka Wetan.

Ketua Panitia seminar dr. A Prian Sembadha menjelaskan, latar belakang kegiatan ini sebagai wahana silaturrahmi angkatan 88 Fakultas Kedokteran Unpad, yang kurang lebih 30 tahun lamanya tidak bertatap muka.

“Ini juga sekaligus reuni akbar angkatan 88, yang alumninya saat ini sudah tersebar di berbagai daerah di tanah air,” kata dr. Prian ketika ditemui di ruang praktiknya, Sabtu (15/9/2018).

Berkaitan dengan pelaksanaan seminar, lanjut dokter yang dikenal ramah ini, pihaknya ingin menggelar kegiatan yang bermanfaat bagi para dokter dalam upaya meningkatkan standar kompetensi dokter di bidang medis.

Pesertanya sendiri, kata dia, diperuntukan bagi para dokter umum di yang berada di wilayah Provinsi Jawa Barat seperti Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan (Ciayumajakuning) dan Kabupaten Sumedang.

“Nanti dalam seminar ini akan menghadirkan 13 pembicara termasuk di dalamnya ada 11 konsulen yang ada di seluruh Indonesia. Konsulen itu sendiri, kemampuan keilmuanya sudah di atas dokter spesialis,” ucapnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya kegiatan semacam ini, peran serta alumni 88 FK Unpad dapat memberikan manfaat sekaligus meningkatkan tarap hidup masyarakat Majalengka.

Di samping berusaha meningkatkan kemampuan keilmuaan dokter agar bekerja lebih baik lagi dari saat ini. Pada akhirnya, masyarakat bisa hidup sehat dan mengerti akan pentingnya kesehatan.

“Dalam seminar ini kita ingin ilmu yang dimiliki para dokter terus meningkat dan disegarkan kembali. Sebab, saat ini selalu muncul ilmu-ilmu baru yang harus dimiliki para dokter dalam meningkatkan kompetensinya,” ujarnya.

Dia menambahkan, profesi dokter sendiri merupakan profesi luhur yang mengurusi manusia, sehingga diperlukan standar kompetensi guna menjamin terselenggaranya pelayanan kedokteran yang bermutu tinggi.

Terlebih di era globalisasi seperti saat ini, profesi dokter sebagai tenaga medis profesional dituntut selalu meningkatkan kompotensinya masing-masing.

“Maka dari itu, dokter dituntut selalu mengikuti perkembangan ilmu kedokteran dan terus belajar sehingga bisa sesuai dengan standar kompetensi yang ditetapkan,” tegasnya.

Kegiatan ini, sambung dia, rencanya akan dibuka langsung Ketua IDI Cabang Majalengka dr. Hj. Erni Harleni. “Nanti dalam seminar itu diisi dengan kuliah umum. Materinya seperti Kanker yang akan diisi dr. Iswahyudi. Lalu Hipertensi dr. Frry Achmad Firdaus. Materi Nyeri oleh dr. Ela Kustila dan lain-lain,” tuturnya.

Sehari setelah seminar, lanjut dr.Prian, akan digelar pemberiaan buku dan pembangunan ruang perpustakaan sekaligus sarana dan prasarananya di Pondok Pesantren Al-Qur’aniyah di wilayah Majalengka Wetan.

“Awal mulanya kita ingin mencari rumah buku yang sudah ada di Majalengka, agar pengelolannya berkelanjutan, namun itu tidak ditemukan. Solusinya, ya kita bangun ruang perpustakaan di pondok pesantren yang saat ini sudah ditentukan tempatnya,” tegasnya.

Pengasuh Ponpes Al-Qur’aniyah Kiai Yuyud Aspiyudin mengucapkan terima kasih kepada Angkatan FK Unpad 88 dan IDI Cabang Majalengka yang telah mempercayakan program baksosnya, berupa pembangunan ruang perpustakaan dan buku-bukunya di pondok pesantrennya.

“Semoga amal kebaikan alumni 88 Fakultas Kedokteran Unpad dibalas oleh Allah Swt berlipat ganda,” tuturnya. (Jejep/KC Online)