PEMECAHAN rekor di beberapa kegiatan, mewarnai peringatan Hari Jadi ke-520 Kabupaten Kuningan sehingga cukup membanggakan bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kuningan. Yan/KC Online

KUNINGAN, (KC Online).-

Masyarakat memiliki peran sentral dalam upaya mengembangkan sektor pariwisata serta ekonomi kreatif melalui promosi wisata dan kuliner khas Kabupaten Kuningan. Keunikan yang menjadi ciri khas suatu wilayah, merupakan kekuatan yang mampu menciptakan kunjungan wisatawan terus meningkat setiap tahunnya.

Puteri Indonesia Jawa Barat 2018, Tria Devitasari saat kunjungannya ke Kabupaten Kuningan, Sabtu (1/9/2018) menilai daerah ini sebagai tujuan wisata sangat layak, karena masyarakatnya ramah dan ditunjang dengan udaranya yang sejuk.

“Sebetulnya kalau udara tidak jauh berbeda dengan tempat kelahiran saya di Garut. Tetapi jika Kuningan ingin lebih maju dalam pariwisata dan kuliner itu tergantu dari masyarakatnya sendiri. Sebab mereka harus ikut andil dalam memajukan daerahnya melalui promosi,” katanya.

Ia mengungkapkan, Kuningan dengan ciri khas makanannya seperti tape ketan yang pada Minggu (2/9/2018) mampu membuat rekor dunia tape ketan terpanjang dengan panjang 1000 meter dan keunikan lainnya, bila dipromosikan melalui media sosial oleh masyarakatnya, akan mengundang banyak wisatawan yang ingin berlibur ke Kabupaten Kuningan.

“Masyarakat harus aktif memposting keunikan yang dimiliki Kuningan agar menarik perhatian banyak orang, termasuk kalangan pelajar. Sehingga penggunaan media sosial pun bermanfaat. Hal itu bisa menjadi bukti bahwa masyarakat telah andil dalam mempromosikan kemajuan wisata dan kuliner di Kuningan,” tuturnya.

Secara keseluruhan, lanjut Tria, ia belum tahu banyak tentang Kabupaten Kuningan. Tetapi ke depannya diharapkan bisa lebih mengekspor seluruh wisata dan kuliner khas Kuningan dan daerah lainnya di Jawa Barat. Karena seluruh Puteri Indonesia Jawa Barat diberi amanah untuk mempromosikan wisata dan kuliner Jawa Barat. (Agus / KC Online)