Hj Titin Suhartini, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) 45 Kuningan. (Profil). Emsul/KC Online

Hj Titin Suhartini

BAGI orang yang memahami pentingnya arti kesehatan, bukan lagi sebagai anjuran apalagi perintah, namun melaksanakan pola hidup sehat itu sudah menjadi kebutuhan dalam sehari-hari.

Sebuah pepatah mengatakan, apabila rakyatnya sehat, maka negaranya pun akan kuat. Karenanya sehat itu penting sebagai modal utama untuk melaksanakan berbagai aktifitas kehidupan.

“Apalah artinya banyak harta atau memiliki banyak uang, tapi kondisi badan kita tidak sehat. Mungkin apa yang kita miliki tidak bisa dinikmati, karena dalam keadaan tidak sehat. Setiap sendi kehidupan itu penting, namun kesehatan merupakan modal untuk melaksakan segala hal. Apabila badan sehat, Insya Allah, apa yang kita inginkan bisa tercapai. Namun jika dalam keadaan tidak sehat, kita tidak bisa melakukan apa-apa,” kata Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) 45 Kuningan, Hj Titin Suhartini (59 tahun), kepada “KC Online” beberapa waktu lalu.

Ibu dari Zulfikar Awaludin Sudraja dan Nala Dwi Hartati ini dalam kesehariannya selalu berupaya untuk melaksanakan pola hidup sehat.Seperti yang tertuang dalam motto CERDIK yang digelorakan Kemenkes pada 2017, yakni Cek kesehatan dengan rutin, Enyahkan rokok, Rajin berolahraga, Diet yang seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stres.

“Apabila orang sudah bisa melaksanakan motto tersebut, maka akan terasa dampaknya terhadap kesehatan. Sedangkan motto Kemenkes 2018 sekarang, Gerakan Keluarga Masyarakat Sehat (Germas) yang kini tak henti-hentinya disosialisasikan kepada masyarakat,” kata wanita gemar bernyanyi ini.

Menurut isteri H Jajat Sudrajat yang selalu berpenampilan rapih dan menarik ini, dengan selalu menerapkan pola hidup sehat, selain akan bermanfaat bagi diri sendiri dan keluarga, juga dapat berimbas positif bagi masyarakat.

“Sebaik-baiknya manusia yang dapat memberikan manfaat bagi orang lain.
Karena itu dimana pun bertugas, tetap konsisten dalam menjaga kesehatan sebagai modal untuk melakukan berbagai aktifitas,” katanya. (Emsul/KC Online)