PETUGAS memeriksa kelengkapan pengguna kendaraan dalam Operasi Kendaraan Tidak Mendaftar Ulang (KTMDU) di Jalan Siliwangi Kota Cirebon, Rabu (12/9/2018). Operasi gabungan ini dilakukan untuk menjaring kendaraan yang belum membayar pajak kendaraan.* Josa/KC Online

CIREBON, (KC Online).-

Jajaran Satlantas Polres Cirebon Kota bekerjasama dengan Dispenda, Dinas Perhubungan, Jasa Raharja, serta TNI menggelar operasi gabungan guna menjaring para pengendara yang membandel tidak membayar pajak kendaraan. Operasi gabungan tersebut dilaksanakan di depan Balai Kota Cirebon, Jl. Siliwangi, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Rabu, (12/9/2018).

Kasat Lantas Polres Cirebon Kota, AKP Rezkhy Satya Dewanto mengatakan, operasi gabungan dilakukan sebagai upaya penegakkan hukum, serta pemberian efek jera bagi para pengendara yang enggan membayar pajak.

“Untuk masyarakat, kita imbau agar membayar pajak tepat waktu dan tertib berlalu lintas,” ungkapnya kepada KC.

Dalam operasi tersebut, dilakukan penilangan juga bagi pengendara yang melanggar tata tertib berlalu lintas, seperti tidak mengenakan helm, tidak menggunakan safety belt, melawan arus, tidak membawa surat-surat kendaraan, dan lain-lain. Dari hasil operasi tersebut, puluhan sepeda motor dan mobil dilakukan tindak penilangan.

Sementara itu, Kepala Cabang Dispenda Kota Cirebon, Agus Sugiono mengatakan, di Kota Cirebon, masih terdapat banyak kendaraan yang belum membayar pajak, atau kendaraan tidak mendaftar ulang (KTMU), total sebanyak 70 ribu kendaraan.

“Kendaraan yang tidak membayar pajak akan kita kenakan sanksi dua persen dari nilai pajaknya selama sebulan. Artinya, jika si pengendara ini belum membayar pajak selama satu tahun, maka akan dikenakan sanksi sebesar 24 persen,” bebernya.

Selain itu, Agus mengatakan, bagi pengendara yang ingin langsung membayar pajak kendaraan bisa mendatangi Samsat Keliling yang tersedia di sekitar tempat operasi. Ataupun bisa juga membayar di unit-unit samsat, seperti kantor Samsat Kota Cirebon, Samsat Keliling, Samsat Outlet, dan Samsat Masuk Desa (Samades). (Dhika/Job/KC)