PESERTA Dermayu Art Festival dari perwakilan kecamatan dan daerah tetangga menampilkan beragam kreasi seni dan budaya dihadapan Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah dan ribuan masyarakat yang menyaksikannya, Selasa (9/10/2018). Cipyadi/KC Onliine

INDRAMAYU, (KC Online).-

Bupati Indramayu Anna Sophanah melepas puluhan kelompok peserta Dermayu Art Festival, Selasa (9/10/2018).

Puluhan peserta event tahunan tersebut menampilkan berbagai kreasi seni dan budaya di hadapan Bupati dan undangan, serta masyarakat Indramayu yang antusias menyaksikan jalannya karnaval budaya menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Indramayu ke-461.

Karnaval ini mengambil rute dari GOR Darma Ayu menuju Pendopo Kabupaten Indramayu menyusuri jalan protokol.

“Tahun ini Dermayu Art Festival memasuki tahun keempat. Setiap Hari Jadi Kabupaten Indramayu, acara ini termasuk salah satu mata acara yang menyita perhatian masyarakat. Termasuk pelancong dari beberapa daerah,” ungkap Anna Sophanah.

Menurut Anna, festival ini juga diharapkan mampu menjadi ajang promosi kesenian dan kebudayaan Kabupaten Indramayu. Sebab dalam karnaval tersebut, setiap kecamatan menampilkan kekhasan seni dan budaya unggulan di wilayahnya masing-masing.

Mulai dari sintren, tari topeng, genjring akrobat, kuda lumping, berokan, sampyong dan beragam jenis lainnya.

Pada Dermayu Art Festival tahun 2018 ini, karnaval diikuti oleh 31 kelompok yang merupakan perwakilan kecamatan di wilayah Kabupaten Indramayu. Selain itu, juga melibatkan 9 kabupaten/ kota tetangga, mulai dari Cirebon, Kuningan, Majalengka, Subang, Sumedang, Cianjur, Ciamis dan Kota Bandung.

Event ini juga turut menghadirkan penampilan dari 4 propinsi lainnya, yakni Banten, Jawa Timur, Bengkulu, dan Kalimantan Selatan.

Masyarakat mengaku terhibur dan menilai penampilan setiap peserta karnaval seni dan budaya ini telah berhasil menampilkan performance terbaiknya. Sehingga banyak penontot yang mengaku terpukau. Salah satunya seperti diungkapkan Siti Fadhilah.

“Acaranya sangat bagus, hanya perlu perbaikan pada sisi konsepnya agar lebih terarah. Sehingga seluruh penampilan dapat lebih baik pada event serupa di tahun mendatang,” tuturnya. (Cipyadi/KC Online)