SEJUMLAH siswa kelas X SMA Negeri 2 Kuningan melakukan upacara pembukaan kegiatan pramuka di Bumi Perkemahan Desa Sadamantra Kecamatan Jalaksana dengan Pembina Upacara, Kepala SMA Negeri 2 Kuningan, H Jaja Subagja, belum lama ini. Emsul/KC Online

KUNINGAN, (KC Online).-

Kegiatan Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan (PPTA) bagi siswa SMA Negeri 2 Kuningan di Bumi Perkemahan Desa Sadamantra, Kecamatan Jalaksana pada Jumat-Minggu (5-7/10/2018), merupakan salah satu pembentukan karakter serta menanamkan kemandirian untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Kepala SMAN 2 Kuningan, H Jaja Subagja, mengemukakan, kegiatan kepramukaan yang diikuti 357 siswa kelas X ini bukan hanya untuk bermain atau rekreasi di luar sekolah, tetapi sebagai implementasi dari bidang ekstrakurikuler di sekolah.

Peserta PPTA yang terdiri dari para penegak ini, selama berada di perkemahan dibekali mengenai kedisiplinan, persatuan dan kesatuan, kebersamaan, cinta tanah air, kepedulian terhadap sesama dan pelestarian lingkungan dan pelaksanaan ibadah.

“Jika di sekolah mungkin banyak teori, namun kegiatan selama di perkemahan untuk mempraktikannya apa yang telah diajarkan di sekolah. Melalui kegiatan pramuka ini akan membentuk penguatan karakter bagi adik-adik di tengah era perubahan teknologi memasuki zaman millennia, Sebab karakter ini bukan pembawaan, namun hasil pembiasaan yang dilakukan secara berulang,” tuturnya.

Selama berada di bumi perkemahan, lanjut Jaja, peserta tidak diboleh ditengok orang tua atau saudaranya.Kemudian dilarang menggunakan alat komunikasi. Agar ketertiban, kedisiplinan serta kemandirian selama kegiatan pramuka berlangsung tetap terjaga.

“Sebelum mereka diterjunkan ke lokasi perkemahan, terlebih dahulu dilakukan simulasi di sekolah sebagai pembekalan menghadapi perkemahanan,” katanya.

Pembina Pramuka SMAN 2 Kuningan, Jumri menyebutkan, selama kegiatan tersebut dilaksanakan berbagai kegiatan. Antara lain, mencari jelak, jurit malam, api unggun, bimbingan ibadah, simulasi, lomba keterampilan dan lain-lain. “Diharapkan, seusai kegiatan diharapkan adik-adik ini dapat mengaplikasikan nilai-nilai yang tertuan dalam dasa Dharma Pramuka. Apabila dijalankan secara secara baik, maka akan menjadi seorang yang paripuna,” katanya.(Eman/KC Online)