FEDERASI Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Komunitas Olahraga Tradisional Kota Cirebon (KOTCI), kembali mengadakan kegiatan Invitasi Olahraga Tradisional Tingkat Pelajar SD di SDN II Dukuh Semar, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Senin (11/12/2017).

Wakil Ketua Komunitas Olahraga Tradisional Kota Cirebon (Kotci), Uba Safarudin mengatakan, kegiatan ini jadi salah satu upaya untuk melestarikan salah satu budaya dan warisan leluhur bangsa Indonesia.

“Olahraga rekreasi di Indonesia memang selama ini kurang mendapat perhatian dari masyarakat. Oleh karena itu melalui acara ini kita mencoba melestarikan dengan acara ini dan juga mengenalkan pada masyarakat,” paparnya.

Lebih lanjut Uba mengatakan, olahraga tradisional memiliki nilai budaya bangsa yang tinggi. Sayangnya, hal ini kurang diketahui oleh anak masa kini yang selama ini sibuk dengan gadget.

“Mulai sekarang ayo kita gaungkan kembali olahraga tradisional kepada anak-anak dan masyarakat. Selain itu, pemilihan acara yang di mall juga merupakan salah satu upaya untuk lebih mengenalkan dan mendekatkan olahraga rekreasi ke masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, Ketua Umum FORMI Kota Cirebon, dr. Edial Sanif melalui Wakil Ketua, dr. H Dedi Kenedi menerangkan gelaran Invitasi Olahraga Tradisional Tingkat pelajar ini juga menjadi ajang seleksi potensi atlet olahraga rekreasi untuk tampil di Pekan Olahraga Provinsi dan Pekan Olahraga Tradisional Nasional.

Meskipun hanya 5 cabang yang dipertandingkan, akan tetapi ada banyak cabang olahraga rekreasi lain seperti BMX. “Saya berharap event ini olahraga tradisonal yang selama ini dipandang sebelah dapat dilestarikan dan kita upayakan bersama-sama agar bisa memasyarakat,” pungkasnya. (C-16)