KUNINGAN, (KC online).-

Gubernur Jawa Barat, H.M. Ridwan Kamil, secara resmi membuka event Tour de Linggarjati (TdL) IV, di lapangan sepakbola Desa Purwasari, Kecamatan Garawangi, Kabu Jumat (26/10/2018) pagi.

Dikemukakannya, dengan diselenggarakannya ajang balap sepeda bertaraf internasional ini, Kabupaten Kuningan akan memiliki dampak positif.

Di antaranya, sebagai ajang promosi potensi pariwisata yang ada, meliputi kekayaan wisata alam dan sejarahnya. Juga, sebagai peningkatan ekonomi karena sudah barang tentu menumbuhkan perputaran ekonomi, dengan banyaknya transaksi jual-beli. Yang berarti, mendorong potensi Kabupaten Kuningan sebagai hot prospect dalam menumbuhkan industri Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE).

“Tour de Linggarjati, event yang diselenggarakan oleh Kabupaten Kuningan, juga dibantu pihak lainnya, patut mendapatkan apresiasi. Dengan harapan, akan menjadi event balap sepeda terbaik tingkat regional, nasional, sampai internasional. Karena, menurut informasi, peserta pembalap ada juga yang berasal dari Malaysia, Thailand, Filipina, dan Eropa,” tuturnya.

Ridwan Kamil kemudian berpesan kepada masyarakat, agar senantiasa menjaga kesantunan, dan keramah-tamahan dalam menjamu para atlet sepeda yang menjadi peserta TdL, karena bagaimana pun merupakan tamu yang harus dihormati.

“Berikan senyum yang bisa memikat para tamu di Kuningan. Supaya, mereka semua terkesan akan kebaikan masyarakat Kabupaten Kuningan. Dan, menjadikan sebuah testimoni baik, hingga mampu menarik kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, dalam sambutannya menyampaikan, adanya Tour de Linggarjati ini juga akan banyak manfaatnya. Antara lain, meningkatkan prestasi olahraga bersepeda, berkembangnya pariwisata di Kabupaten Kuningan, serta dapat dikenalnya keharuman nama Kabupaten Kuningan hingga mancanegara.

“Terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat, pihak sponsor, masyarakat Kabupaten Kuningan, serta pihak lain yang telah mendukung terselenggaranya event Tour de Linggarjati ke-4 ini,” ucapnya.

Untuk peserta Tour de Linggarjati IV Tahun 2018, diikuti oleh 157 peserta. Terdiri dari, kategori Youth dengan 38 atlet laki-laki dan 10 atlet perempuan. Kategori Junior, 35 atlet laki-laki dan 12 perempuan. Dan, kategori Elite dengan 53 atlet laki-laki dan 9 perempuan. Total keseluruhan, 157 peserta.
Adapun, peserta lokal dari Kabupaten Kuningan ada 6 atlet, 104 atlet dalam negeri dari luar daerah, dan 47 atlet berasal dari luar negeri. Berlangsung selama tiga hari, tanggal 26 – 28 Oktober 2018. Dan, 3 kategori perlombaan, ITT ( Individual Time Trial ), IRR ( Individual Road Race), dan Criterium. (Erix /KC online)