SANDIAGA Salahudin Uno dalam kunjungannya ke Kabupaten Indramayu menyempatkan diri mengunjungi sentra batik Paoman, Rabu (10/10/2018). Cipyadi/KC Online

INDRAMAYU, (KC Online).-

Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Sandiaga Salahudin Uno dalam kunjungannya ke Kabupaten Indramayu menyempatkan diri mengunjungi sentra batik Paoman, Rabu (10/10/2018).

Selain untuk melihat lebih dekat cara produksi dan pengembangan pemasarannya, Sandiaga juga berbagi cara jitu mengembangkan batik Paoman agar lebih dikenal secara nasional, bahkan internasional.

“Kita harapkan batik Paoman ini akan jadi hits seperti batik Cirebon, batik Pekalongan dan batik dari daerah lainnya di Indonesia. Kita deklarasikan 2019 pakai batik Paoman,” ungkap Sandiaga Uno.

Salah satu caranya, lanjut Sandi, yaitu dengan membuat jamuan internasional dan mengundang tamu internasional, serta para duta besar negara-negara sahabat.

Pada pertemuan tersebut, para tamu dari berbagai negara akan diperkenalkan dan mengenakan batik Paoman asal Kabupaten Indramayu.

Menurut Cawapres yang berpasangan dengan Prabowo Subianto itu, usaha batik jika dikelola dengan manajemen yang baik, maka akan mampu membuka lapangan kerja bagi ratusan pengrajin.

Seperti halnya batik Paoman yang mampu menyerap 300 pengrajin batik. Dan jika pengembangan bisnisnya lebih baik, maka akan bisa membuka lapangan kerja dengan jumlah lebih banyak.

“Selain persoalan lapangan kerja, kita juga harus mencari solusi terkait bahan baku yang masih import,” imbuhnya.

Mencari solusi

Terlebih dalam kondisi perekonomian yang tidak menentu akibat naiknya dolar Amerika terhadap usaha batik. Dalam kondisi tersebut, usaha batik harus tetap bertahan dan dituntut mampu mencari jalan keluar. Disinilah peran pemerintah diperlukan.

“UKM selalu jadi tulang punggung di tengah kesulitan ekonomi yang terjadi untuk memastikan kita bertahan dalam keadaan ekonomi yang sekarang ada dalam periode yang cukup mengkhawatirkan,” tandas Sandiaga.

Di lokasi kunjungannya tersebut, Sandiaga sudah dinantikan oleh masyarakat yang bersiap menjadi relawan bagi pemenangan pasangan Prabowo-Sandi pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019.

Selain mengunjungi sentra batik, Sandiaga juga berkunjung ke tempat pelelangan ikan Karangsong, pabrik kerupuk di Kenanga, serta ke Desa Penganjang yang merupakan tanah kelahiran ibunda Sandiaga Salahudin Uno, Mien R Uno. (Cipyadi/KC Online)