CIREBON, (KC Online).-

Cawapres Sandiaga Uno menginginkan Cirebon sebagai salah satu poros maritim di Indonesia.

Menurutnya, hal ini bisa terwujud karena Cirebon memiliki pelabuhan yang strategis serta salah satu yang tertua di Indonesia.

Dirinya pun mengatakan akan menggerakkan Cirebon sebagai daerah berbasis pesisir yang memiliki banyak potensi.

“Cirebon punya pelabuhan yang bagus, salah satu yang tertua di Indonesia. Ini akan bagus kalau dijadikan poros maritim, saya yakin akan berkembang,” kata Sandiaga usai memberikan kelas bisnis di Batik Trusmi di Desa Weru Lor, Kecamatan Weru, Kamis (11/10/2018).

Selain batik dan rotan, menurutnya, Cirebon memiliki segudang potensi lainnya yang bisa dikembangkan. Salah satunya adalah kuliner.

“Cirebon itu khas, kulinernya khas, itu berpotensi sekali untuk dikembangkan. Banyak kuliner yang bermunculan dengan mengembangkan kuliner khasnya. Selain itu, ekonomi kreatif juga sangat berpotensi di sini,” tuturnya.

Sandiaga juga mengatakan, dirinya menyerap aspirasi dari perajin batik tentang bahan membatik yang harus didapatkan dengan cara diimpor.

“Mereka (perajin) bilang, bahan malam untuk membatik itu harus diimpor. Untuk menghindari impor ada baiknya harus ada substitusi perusahaan tersebut. Pemerintah harus hadir di sini,” ungkapnya. (Fanny)