PMI. Ilustrasi/KC Online

INDRAMAYU, (KC Online).-

Saat ini stok darah yang tersedia di Blood Bank Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Indramayu terbilang aman. Amannya stok darah itu, salah satunya dikarenakan adanya dukungan dari para pendonor.

“Selama ini, kami mendapatkan darah melalui sistem jemput bola dengan menggunakan mobil unit donor darah,” kata Ketua PMI cabang Indramayu, H. Suwito Handoyo kemarin.

Apabila melihat besarnya kebutuhan pasien, kata dia, ketersediaan darah setiap waktu tidak dapat ditentukan dengan hitungan jari. Artinya, stok labu darah yang tersimpan didalam blood bank (lemari penyimpan darah) dapat bergeser setiap hari.

“Kami tidak bisa menyebutkan secara pasti jumlah darah dalam labu, sebab bisa bergeser sesuai dengan kebutuhan pasien yang datang setiap harinya,” ujarnya.

Namun demikian, keluarga pasien tidak bisa serta merta dengan mudah mendapatkan labu tanpa adanya petunjuk dari pihak dokter yang menanganinya. Hal itu, dimaksudkan agar permintaan tidak melebihi ukuran yang dibutuhkan pasien.

“Untuk memenuhi permintaan pasien, kami gencar melakukan sistem jemput bola di berbagai lokasi yang berbeda,” pungkasnya. (Ratno/KC Online)