MAJALENGKA, (KC Online).-

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan visitasi akreditasi terhadap Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Yasika Majalengka.

Kegiatan yang dilakukan dua asesor Dr Kastam Syamsi dari Yogyakarta dan Dr Susetyo dari Bengkulu, dimulai hari selama tiga hari di kampus setempat.
Visitasi akreditasi sendiri terhadap pengelolaan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Yasika.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan secara resmi oleh Ketua Dewan Pembina STKIP Yasika Majalengka, Prof. Dr H Cecep Sumarna, M.yang diikuti seluruh civitas akademika, mahasiswa, alumni dan tamu undangan.

Ketua Dewan Pembina STKIP Yasika, Prof. Dr H Cecep Sumarna, mengatakan, kampus STKIP Yasika Majalengka secara geografis berada di lingkungan pedesaan atau perkampungan. Namun demikian bukan berarti kampungan karena di sekitarnya banyak juga lembaga pendidikan dan lokasinya dekat dengan Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB).

“Kampus STKIP Yasika ini memang berada di lingkungan pedesaan dan bukan perkotaan, hanya saja bukan berarti kampungan karena justru dekat dengan lokasi pembangunan BIJB Kertajati,” katanya.

Selain itu juga, STKIP Yasika dikelola oleh para generasi muda atau kaum milenial sehingga dapat berkembang dengan cepat mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat terhadap dunia pendidikan.

Masih dijelaskan Prof. Cecep, saat ini STKIP Yasika baru memiliki dua Prodi yakni Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pendidikan Matematika dan satu lagi yakni Akper YPIB Yasika. Target kedepan STKIP Yasika dapat berkembang menjadi sebuah universitas, tetapi tetap akan bergerak untuk membentuk tenaga-tenaga pendidik profesioan. “Kedepan kita akan buka prodi-podi lainnya sesuai kebutuhan masyarakat dan perkembangan zaman,” tandasnya.

Perwakilan tim asesor, Dr Kastam Syamsi, M.Ed mengatakan, prinsip dari visitasi akreditasi yang dilakukan BAN-PT adalah pembinaan bukan untuk pembinasaan. Sebab, visitasi akreditasi ini untuk mengetahui sejauh mana pengelolaan sebuah perguruan tinggi, sehingga kalau ada yang kurang atau tidak tepat maka berusaha untuk dilengkapi dan diluruskan.

“Prinsip dari visitasi akreditasi ini kita akan diskusi mengenai bagaimana pengelolaan kampus STKIP Yasika ini dan hasilnya kami akan laporkan ke BAN-PT untuk dievaluasi,”ujarnya.

Pihaknya berharap ke depan kampus Yasika dapat berkembang lebih maju lagi sebagaimana tadi disampaikan Ketua Dewan Pembinanya, Prof. Cecep.

Pada acara pembukaan visitasi akreditasi tersebut tampak hadir Ketua STKIP Yasika, Arip Amin, Pembantu Ketua II Iman Solahudin, M.Pd, Pembantu Ketua III Lanlan Muhria, M.Pd, Ketua Prodi Bahasa Indonesia Rosi Gasanti, MPd, Ketua Prodi Matematika, Azi Nugraha, Mpd, Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Dr. Aceng Jaelani, MA dan Sekrteraisnya Herman Beni, MA, serta Ketua Yayasan Yasika, Hj. Lelin Parlina, M.Pd. Selain itu tampak hadir tokoh masyarakat yang juga Ketua PGM Indonesia Majalengka, Drs H Damuri, M.Ag, H Castim, MPd, H Rasta, MPd, Maman Suparman, M.MPd, Direktur Akper YPIB Yasika, Dr H Wawan Sonjaya, M.Pd dan seluruh civitas akademika STKIP Yasika. (C-24)