SEBANYAK 20 orang Alumnus Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon dan Kepala RA, PAUD, serta Kober membahas hasil penelitiannya, Kamis (29/11/208).* Egi/KC Online

CIREBON, (KC Online).-

Dengan waktu kurang dari enam bulan setelah lulus, sebagian besar alumnus Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon diterima di dunia kerja sesuai ilmu yang didapat dari kampus.

Fakta ini terungkap dari hasil penelitian Focus Group Discussion Tracer Study Alumni Jurusan PIAUD 2017, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati bertempat di Gedung At-Taqwa Center Kota Cirebon, Kamis (29/11/2018). Dalam kegiatan ini, menghadirkan para alumnus dan kepala sekolah, di tempat para alumnus bekerja mengajar. Dengan demikian, mereka dapat mengamalkan ilmunya di berbagai Wilayah III Cirebon.

Ketua Tim Penelitian dan Pengembangan Prodi PIAUD, IAIN Syekh Nurjati Kota Cirebon, Ahmad Yani menjelaskan, yang dimaksud tracer study itu adalah bagaimana program studi dalam satu lembaga IAIN Syekh Nurjati melakukan penelusuran terhadap para alumnus.

Kebetulan ada 20 orang dari PIAUD IAIN Syekh Nurjati angkatan pertama tahun 2017 lulus 20 orang. Mereka ditelusuri perkembangannya di dunia kerja setelah menjadi sarjana.

“Apakah mereka selama ini sudah terserap oleh sekolah, dalam hal ini sekolah seperti RA, PAUD, kelompok belajar, ternyata hasilnya cukup membanggakan karena kurang dari 6 bulan saja mereka sudah bekerja. Bahkan ketika melakukan praktik kerja lapangan, mereka sudah diminta untuk bekerja di lembaga tersebut,” ungkap Yani.

Kemudian berapa pendapatan dan penghasilan yang didapat mereka. Mereka rata-rata mendapatkan penghasilan sesuai konteknnya sendiri atau bersifat subyektif.

“Kemudian kenyataan ilmu yang selama ini didapat di kampus dengan dunia kerja di lapangan saling berkaitan erat, di mana mereka para alumnus ini bisa diterima dan beradaptasi, mengamalkan ilmunya sesuai dengan teori atau praktik yang sudah diterima saat di bangku kuliah,” papar Yani.

 

Fakta lainnya adalah, lulusan PIAUD IAIN Syekh Nurjati ini dapat diterima di lembaganya bekerja. Mereka ikut memberikan kepuasan di tempatnya bekerja. Tentunya kondisi tersebut menjadi timbal balik bagi lembaga.(C-17)