CIREBON,(KC Online).-

Puluhan Security yang bertugas di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon diberikan pembinaan dan pelatihan dari Polres Cirebon Kota.

Pembinaan dan pelatihan ini diberikan kepada puluhan security ini untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan dalam menjalankan tugasnya. Sebanyak 40 security diberikan pelatihan dan pembinaan yang meliputi dua aspek yakni kemampuan teknik bela diri dan tindakan pertama pada tempat kejadian perkara. Pelatihan ini juga diberikan empat kali dalam setahun kepada security yang bertugas.

Sat Binmas Polres Cirebon Kota, Inspektur Dua Sukrim mengatakan,  pemberian pembinaan dan pelatihan ini dilakukan agar security di IAIN Syekh Nurjati Cirebon lebih berkualitas.

Menurutnya, IAIN Syekh Nurjati Cirebon merupakan lembaga besar dan satu- satunya perguruan tinggi negeri yang berada di wilayah III Cirebon, sehingga pengamanan harus maksimal.

“Kita lakukan pembinaan secara rutin karena kita MoU dengan IAIN. Kita berikan materi- materi juga tentang adanya kejadian perkara,” kata Sukrim.

Sukrim menambahkan, salah satu materi yang diberikan yakni ketika ada kejadian perkara, security harus siap untuk menjaga dan mengamankan tempat kejadian perkara (TKP). Hal itu dimaksudkan untuk memudahkan petugas kepolisian untuk melakukan olah TKP.

“Ketika ada kejadian perkara harus dijaga status quo. Artinya jangan sampai ada yang merusak TKP,” katanya.

Kabag Umum IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Imron Rosyadi mengatakan,  security di IAIN Syekh Nurjati Cirebon saat ini akan terus ditingkatkan. Hal itu dilakukan agar security ini lebih profesional dan handal dalam menjaga kampus.

“Ketika malam juga harus siap termasuk jika ada kejadian kebakaran. Nah kita ingin security disini juga agar tanggap dengan hal lain,” ujar Imam. (Iskandar)