BERBEKAL percaya diri disertai semangat menggebu, akhirnya Estiana Fadella (15 tahun), siswa kelas X Mipa SMA Negeri 1 Pasawahan keluar sebagai juara pertama Taekwondo dengan meraih medali emas atas kejuaraan Indonesia Student Taekwondo Champions (ISTC) dan MPR-RI, berlangsung di GOR Ciracas Jakarta Timur, awal Desember lalu.

Estiana Fadella yang akrab disapa Adel itu, harus bersaing ketat dengan sejumlah petarung antar siswa SMA dari seluruh Indonesia. Berkat kemampuan dan keuletan dalam bertanding, Adel mampu mengungguli pasaing lainnya yang datang dari berbagai provinsi di Indonesia.

Atas kemenangan dalam kejuaraan itu, merupakan kebanggaan tersendiri dimana Adel tergabung dalam Club Momentum Cirebon. Termasuk membawa nama baik sekolah dimana Adel duduk di bangku kelas X SMA Negeri 1 Pasawahan Kabupaten Kuningan.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras dan latihan secara rutin, saya berhasil menjadi juara dengan meraih medali emas dan piagam penghargaan,” kata Adel, ketika diwawacara Kabar Cirebon, Rabu (5/12/2018).

Anak pertama dari tiga bersaudara keluarga Iwan Gunawan dari isteri Eti Rohayati alamat Desa Padamatang itu, menekuni ilmu seni beladiri (taekwondo) sejak kelas IX SMP hingga kini tak pernah terhenti.

Untuk memperdalam kemampuan dibidang ilmu beladiri tersebut, Adel tak pernah absen dalam melaksanakan latihan secara rutin dan berkesinambungan.

Dalam seminggu empat kali berlatih untuk satu latihan tidak kurang dari tiga jam dengan memperdalam cabang olahraga dimaksud. Sebagaimana waktu yang telah ditetapkan yakni Senin, Rabu, Jumat dan hari Sabtu setelah pulang sekolah konsen untuk berlatih.

“Bagi seorang petarung, meski menang jangan sombong dan apabila kalah, kita harus lebih giat lagi untuk berlatih. Apabila kita ingin berprestasi dituntut untuk bekerja keras dan jangan berputus asa. Apapun kendala yang kita hadapi pasti ada jalan untuk menang. Mau menang atau kalah dalam sebuah pertandingan itu urusan belakangan,” papar gadis yang juga hobi bola voli itu.

Ditambahkannya, setelah mengikuti kejuaraan Taekwondo yang diselenggarakan ISTC, Adel akan mengikuti kejuaraan Kapolres Cup dan Bupati Cup Kabupaten Cirebon Januari dan April tahun mendatang.A

Adel akan terus melakukan latihan secara optimal agar dapat melahirkan prestasi dalam meraih juaraan tersebut.

Ditanya cita-cita, Adel menjawab, ingin menajadi TNI karena banya saudara yang jadi tentara. Setelah lulus dari SMA Negeri Pasawahan, akan melanjutkan ke ITB Bandung. Mudah-mudahan apa yang dicita-citakan dapat terkabulkan sesuai harapan. (Emsul/KC)