CIREBON,(KC Online).-

Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mengucurkan anggaran untuk pembangunan lanjutan Sport Centre di Watubelah, Kecamatan Sumber.

Penjabat Bupati Cirebon,  Dicky Saromi mengungkapkan, anggaran ini akan dikucurkan senilai Rp 30 miliar melalui bantuan keuangan pada tahun depan. Dengan demikian, total anggaran untuk pembangunan lanjutan stadion tersebut senilai Rp 65 miliar, karena Pemerintah Kabupaten Cirebon telah menganggarkan Rp 35 miliar dari APBD 2019.

“Untuk sementara di nilai Rp 30 miliar melalui bantuan keuangan Pemprov Jabar,” kata Dicky usai meninjau langsung Sport Centre, Selasa (4/12/2018).

Dicky menambahkan,anggaran dari bantuan keuangan Pemprov Jabar ini akan digunakan untuk tribun barat dan utara.
“Sementara dari anggaran di APBD Kabupaten Cirebon akan digunakan untuk tribun timur dan selatan. Nantinya, rencananya tribun barat dan timur pembangunannya akan sama, yaitu menggunakan atap,” ujar Dicky.

Pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga stadion tersebut, sehingga tidak lagi melakukan aksi vandalisme dengan cara mencoret-coret dinding.

“Saya juga minta masyarakat untuk menjaga sehingga tidak ada lagi aksi pencurian, seperti yang kita tahu ada aksi pencurian kabel di sini beberapa waktu yang lalu,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemukiman Kawasan Perumahan dan Pertanahan Kabupaten Cirebon Sukma Nugraha mengatakan, pada tahun depan pihaknya akan melakukan review ulang terhadap stadion ini.

“Desain yang dibuat pertama kali yaitu pada tahun 2012 sudah tidak sesuai dengan saat ini, sehingg dibutuhkan desain baru yang memungkinkan untuk sesuai dengan kondisi saat ini,” ungkapnya.

Sukma menambahkan, saat ini di dekat lokasi stadion terdapat beragam bangunan, sehingga hal inipun harus disesuaikan.

“Sekarang ini sudah ada kampus sementara ITB di dekatnya, ada lapangan tembak juga di sebelahnya, dan bangunan lainnya, sehingga sport centre pun membutuhkan penyesuaian,” kata Sukma.

Menurutnya, jika sudah direview ulang, maka nantinya akan terlihat 100 persen bangunan sport centre.

“Saat ini sudah 50 persen terbangun, hanya sisanya seperti apa nanti akan terlihat kalau direview ulang. Dari hasil review ulang pun akan terlihat kita butuh berapa anggaran lagi untuk pembanguna lanjutannya,” katanya. (Fanny)