JAJARAN manajemen Grage Hotel bersama Direktur Utama Grage Group, H Dekon Gunawan Boediman berfoto bersama dalam perayaan HUT Grage Hotel Cirbon ke-12.* Epih/KC Online

CIREBON, (KC Online).-

Bisnis hotel di wilayah Cirebon pada 2019 akan memasuki babak baru. Terlebih pada wilayah ini terdapat pertumbuhan ekonomi baru, dengan hadirnya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka, dan  selesainya akses ruas jalan layang Tol Jakarta-Cikampek serta perkembangan wilayah Cikarang-Karawang akan berpengaruh terhadap percepatan pertumbuhan perekonomian di Cirebon.

Direktur PT.Banyu Mas Sejahtera yang membawahi Grage Hotel Cirebon, Teguh Triadmojo mengungkapkan, dengan tumbuhnya ekonomi baru, akan menjadi tantangan tersendiri bagi industri perhotelan di wilayah Cirebon.

“Karenanya, ini yang perlu segera diantisipasi. Adanya pertumbuhan perekonomian baru yang ke depannya memberikan pengaruh terhadap peningkatan kunjungan wisatawan maupun investor yang masuk ke wilayah Cirebon,” katanya kepada “KC”, saat acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-12 Grage Hotel Cirebon, Senin (3/12/2018).

Mengenai pertumbuhan perhotelan di wilayah Cirebon, Teguh mengakui bila hal itu akan menjadi persaingan bagi industri perhotelan di wilayah Cirebon.

“Dengan telah terjadinya oversuplay hotel di wilayah ini, kami harapkan kepada jajaran manajeman Grage Hotel Cirebon tidak hanya mengandalkan pendapatan dari 114 kamar. Kami juga harus terus berinovasi serta berkreatifitas dalam mencari pendapatan baru di luar kamar hotel,” katanya.

Di hari jadinya yang ke-12 tahun, Teguh menuturkan, Grage Hotel juga akan terus melakukan pembenahan dan penataulangan sejumlah fasilitas kamar dan lainnya.

“Yang lebih utama peningkatan skill sumber daya manusia (SDM) diberbagai bidangnya, selain upaya mempertahankan kekompakan di antara unsur manajemen menjadi bagian bagi Grage Hotel untuk tetap survive di industri perhotelan,” ujarnya.

Perlu berinovasi
Direktur Utama Grage Group, H.Dekon Gunawan Boediman mengemukakan, menghadapi era persaingan sekarang ini, semestinya diimbangi berbagai inovasi dan kreatifitas dalam mengembangkan bisnis perhotelan.

“Bisnis perhotelan yang terkadang mengalami pasang surut, bukan berarti kita harus berdiam diri. Sebagaimana pesan dari almarhum Bapak Boediman Kusika, jadikan Grage Hotel ini ikon hotelnya yang pertama di Cirebon,” tuturnya.(C-11)