Dedi Taufik

CIREBON, (KC Online).-

Penjabat Walikota Cirebon, Dedi Taufik mengapresiasi kinerja seluruh camat dan lurah dalam memberikan pelayan publik yang baik. Karena, camat dan lurah merupakan lini terdepan dalam segi pelayanan kepada masyarakat.

Dengan demikian, mereka harus mampu menjalankan tugas dan kewajibannya sesuai yang dicita-citakan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Hal tersebut diungkapkan Pj Walikota Cirebon, Dedi Taufik, saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Camat dan Lurah Tahun 2018 di salah satu hotel di Kota Cirebon, Kamis (6/12/2018).

“Terima kasih kepada lurah dan camat yang sudah hadir dalam acara ini. Kami apresiasi sebesar-besarnya atas kerjasama dan kinerja maksimal selama ini dalam menjalankan roda pemerintahan,” kata Dedi dalam sambutannya.

Diungkapkan Dedi, lurah dan camat selain merupakan lini terdepan, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat sebagai penyambung lidah dari pemerintah tingkat kota. Oleh Karenanya, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan bisa meningkatkan kapasitas camat dan lurah sekaligus juga meningkatkan koordinasi di antara mereka.

“Sehingga mereka bisa langsung menerapkan pendataan dan pendayagunaan profil kelurahan. Ini diharapkan bisa menjadi tambahan ilmu dan pengetahuan dalam memberikan pelayanan yang lebih baik lagi,” katanya.

Pada kesempatan itu, Dedi meminta kepada seluruh stakeholder di wilayah kecamatan dan kelurahan bisa bertugas sesuai dengan program Gubernur Jawa Barat. Di antaranya memiliki sejumlah ide kreatif, agar dalam membangun bisa memberikan perubahan yang positif dan diterima oleh masyarakat.

“Sinergitas ini harus tetap dirawat dan dijalankan. Sehingga, apa yang menjadi capaian bersama bisa tercapai secara bertahap,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara sekaligus Kepala DSPPPA Kota Cirebon, Jamaludin menjelaskan, dalam pembangunan kelurahan memerlukan keserasian antara teoritis sebagai dasar peraturan dan perundang-undangan. Serta, data-data kelurahan yang tepat dan akurat harus menjadi landasan utama dalam menjalankan aturan mekanisme dalam bekerja.

“Data ini yang sangat diperlukan sebagai dasar perencanaan kegiatan, evaluasi program, target hingga realisasi dari kegiatan tersebut bisa dijalankan dengan optimal,” kata Jamaludin.

Karena itu, kegiatan yang diselenggarakan yakni untuk meningkatkan koordinasi antara camat dan lurah dalam penyusunan pelaksanaan profil kelurahan tersebut. Sehingga, berbagai permasalahan bisa terindentifikasi dengan baik untuk penyusunan kebijakan strategis yang nanti diambil.

“Semoga kegiatan ini bisa lebih memberikan khasanah baru dalam terciptanya permujudan pemerintahan dalam hal pelayayan yang cepat dan tepat guna. Sehingga, dalam aplikasi di lapangan bisa dirasakan positif oleh masyarakat,” katanya. (C-10)