CIREBON, (KC Online).-

Anggaran sebesar Rp 3,2 miliar untuk hadiah atau uang kadeudeuh bagi para atlet dan pelatih berprestasi di Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat XIII/2018, siap dibagikan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Cirebon.

Sekretaris Umum (Sekum) KONI Kabupaten Cirebon, Hengky Choernia menyampaikan, ada kabar gembira untuk para atlet di daerahnya yang tahun ini berhasil meraih prestasi dalam ajang Porda Jabar XIII/2018. Jumlah keseluruhan uang kadeudeuh yang akan dibagikan ke mereka pun cukup besar.

“Dalam waktu dekat semua atlet peraih medali pada Porda Jabar XIII Tahun 2018 bakal terima kadeudeuh. Anggaran kita sekitar Rp 3,2 miliar untuk semua atlet dan juga pelatih peraih medali pada Porda kemaren,” ujar Hengky kepada KC, saat ditemui di kantornya, Selasa (18/12/2018).

Ia menjelaskan, jumlah uang kedeudeuh tersebut, perinciannya untuk para atlet peraih medali emas bakal menerima sebesar Rp 100 juta, peraih perak Rp 25 juta, sedangkan peraih perunggu Rp 15 juta.

Adapun untuk para pelatih peraih emas dihadiahi Rp 15 juta, peraih perak Rp 10 juta, dan peraih perunggu Rp 5 juta. “Paling lambat pokoknya tanggal 25 Desember ini kita harus sudah mencairkan kadeudeh. Nantinya pakai sistem transfer ke rekening masing-masing atlet dan pelatih untuk menghindari adanya pemotongan,” ujar Hengky.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dalam ajang Porda Jabar 2018 kemaren, menurutnya, Kabupaten Cirebon ada peningkatan prestasi yang sangat luar biasa.

Artinya, lanjut dia, jika dibandingkan dengan Porda Jabar 2014 lalu, tentu daerahnya lebih baik tahun sekarang dalam peraihan prestasinya. Dan dirinya pun berharap, pada Porda Jabar ke depan bisa leboh baik lagi.

“Karena pada Porda tahun 2014 lalu Kabupaten Cirebon hanya meraih 7 emas dan tahun ini bisa mencapai 13 emas. Porda Tahun 2022 kita inginkan naik peringkat dan masuk 10 besar,” kata Hengky. (C-15)