SEJUMLAH aparat beserta masyarakat Kecamatan Nusaherang Kabupaten Kuningan berforo bersama setelah melaksanakan kegiatan Jumat Bersih (Jumsih) dan senam masal, berlangsung di daerah setempat, Jumat (28/11/2018).* Emsul/KC Online

KUNINGAN, (KC Online).-

Sejumlah aparat yang bertugas di Kecamatan Nusaherang Kabupaten Kuningan beserta warga setempat melaksanakan kegiatan Jumat Bersih (Jumsih) dalam rangka mewujudkan program Kebersihan, Keindahan dan Ketertiban (K-3) lingkungan sekitarnya, Jumat (28/11/2018).

Sebelum menggelar aksi kebersihan, diawali kegiatan senam pagi dengan instruktur petugas dari Puskesmas beserta Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kecamatan Nusaherang, Titin Anwas. Peserta senam pagi dan gerakan Jumat bersih berjumlah diatas 30 orang itu meliputi pesonil Kantor Kecamatan Nusaherang, UPTD, UPT, aparat desa dan unsur kepolisian dari Polsek Kecamatan Kadugede. Pelaksanaan kegiatan tersebut dari gerbang memasuki kantor kecamatan hingga lokasi lainnya yang patut mendapat perhatian banyak pihak.

“Alhamdulillah, kegiatan kebersihan yang dilakukan setiap hari Jumat atau Jumsih ini dalam rangka pelaskanaan program Kebersihan Keindahan dan Keindahan di lingkungan sekitarnya. Lingkungan yang bersih dan sehat itu merupakan kebutuhan setiap orang. Apalagi dalam sebuah keterangan dikatakan, kebersihan itu adalah sebagian daripada iman,” kata PLt Camat Nusaherang, Anwas Setiadi.

Ditambahkan Anwas, selain melaksanakan kegiatan Jumat bersih, mereka juga memanfaatkan udara sejuk dipagi hari dengan menggelar senam kesegaran jasmani. Melalui kegiatan senam masal ini, selain untuk memperoleh kebugaran dan kesehatan jasmani, juga sebagai ajang untuk memperat tali silaturahmi diantara aparat yang bertugas di wilayah Nusaherang beserta masyarakat. Mereka akan saling mengenal dan tukar informasi positif  dalam rangkan membangun kehidupan berumahtangga, bermasyarakat maupun kehidupan bernegara.

“Mudah-mudahan kegiatan Jumsih dan senam pagi ini dapat memberikan manfaat, baik bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Melalui kegiatan fositif ini, para pihak akan lebih memahami berbagai program pemerintah demi kemajuan serta meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat,” ujar Anwas.

Secara terpisah, Ketua TP PKK Kab. Kuningan, Hj Ika Purnama,  menjelaskan, dalam pelaksanaan program K-3 melalui kegiatan Jumat Bersih, bukan semata kewajiban pemerintah. Menalainkan kebutuhan semua pihak yang meliputi berbagai komponen di masyarakat. Karenanya  program Jumsih ini harus dilaksanakan oleh para pihak karena hal tersebut merupakan tanggungjawab bersama  upaya memenuhi kebutuhan hidup sehat. “Kami berharap, kegiatan kebersihan ini,  kita laksanakan dengan baik dan berkesnimabungan. Sebab keberhasilan pembangunan ini, tidak terlepas dari peran serta seluruh anggota masyaakat,” pinta Hj Ika. (Emsul/KC Online)