bijb

MAJALENGKA.(KC Online).-

MENGAWALI tahun 2019, Lion Air Grup membuka tiga rute penerbangan baru via Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Rute penerbangan baru ini berlangsung di Bandara Kertajati mulai pekan depan. Tiga rute baru tersebut satu rute yakni Kertajati-Balikpapan dan Balikpapan-Kertajati dilayani Lion Air, sedangkan dua rute yakni Kertajati-Halim Perdana Kusuma dan sebaliknya, serta Kertajati-Yogyakarta dan sebaliknya dilayani Wings Air.

Senior Sales Manager Lion Air, Moh Helmi mengatakan, maskapai Lion Air akan melayani rute Kertajati-Balikpapan mulai 11 Januari 2019. Penerbangan perdana ini, setiap hari dengan jadwal keberangkatan dari Balikpapan pukul 12.00 WITA, tiba di BIJB Kertajati pukul 13.00 WIB. Penerbangan sebaliknya dari Kertajati pukul 13.40 WIB, tiba di Balikpapan 16.40 WITA.

“Penerbangan ini menggunakan pesawat jenis Boeing 737 NG800 dengan kapasitas 189 kursi,” kata Helmi seperti yang dikutip PRLM.

Sehari kemudian, Maskapai Wings Air membuka dua penerbangan sekaligus dari Bandara Kertajati. Penerbangan yang dimulai 12 Januari 2019 itu yakni rute Halim-Kertajati dan sebaliknya, serta Yogyakarta-Kertajati dan sebaliknya.

Penerbangan dibuka tiap hari dengan pesawat ATR 72-500/600 berkapasitas 72 kursi. Penerbangan dari Bandara Internasional Halim Perdanakusuma pukul 10.35 WIB, tiba di Bandara Kertajati pukul 11.30 WIB.

Sebaliknya dari Kertajati pukul 11.55 WIB, tiba di Halim pukul 12.50 WIB. Penerbangan dari Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta berangkat pukul 12.20 WIB dan tiba di Kertajati pukul 13.30 WIB. Sebaliknya berangkat pukul 13.50 WIB dari Kertajati, tiba di Yogyakarta pukul 15.00 WIB.

Meramaikan

Menurutnya, ketiga penerbangan baru itu, merupakan langkah kedua Lion Air Group meramaikan Bandara Kertajati, setelah Lion melayani penerbangan umrah ke Madinah, setiap pekan.

Dikatakanya, tahun 2019 Maskapai Lion fokus mengembangkan jalur penerbangan di BIJB, sesuai dengan tugas yang diemban dari pemerintah, untuk ikut membantu pertumbuhan Bandara Kertajati.

Dalam waktu dekat, katanya, Lion juga akan melayani rute baru Kertajati-Denpasar, dan sebaliknya. Diskon dan promo di Bandara Kertajati.

Menurutnya, Lion berharap bisa segera membuka rute-rute baru lainnya, agar bisa menyambungkan Kertajati dengan kota-kota lain di Indonesia. “Kalau memang hasil evaluasi dan pertumbuhan penumpang bagus, tentu Lion bakal mengembangkan rute lainnya,“ katanya.

Dikatakannya, secara fisik bandara, Bandara Kertajati sudah bagus dan siap. Hanya saja, lanjutnya, sinergitas, koordinasi dan kekompakan sesama pengusaha transportasi dan pemangku kepentingan lain, dalam ikut serta memacu pertumbuhan, masih harus ditingkatkan lagi.

“Misalnya tarif Damri dan jalan tol menuju BIJB selama beberapa waktu diberikan harga diskon atau promo, untuk memberikan kemudahan akses dalam memanfaatkan BIJB. Ibaratnya mah susah bareng, nanti kalau penumpang sudah banyak kan, enaknya juga bareng-bareng,“ katanya. (Jejep/KC Online)