SALAH satu rumah di Desa Ciawijapura, Kecamatan Susukanlebak Kabupaten Cirebon, yang rusak karena angin kencang, Rabu (9/1/2019).* Supra/KC Online

CIREBON, (KC Online).-

Pasca terjadinya angin kencang yang melanda Desa Ciawijapura, Kecamatan Susukanlebak, Kabupaten Cirebon, masyarakat, perangkat desa dan Muspika setempat bergotong royong memperbaiki rumah yang rusak dan memangkas pohon yang menimpa rumah.

Kuwu Desa Ciawijapura, Maman mengatakan, sebanyak 12 rumah rusak tertimpa pohon dan saat ini sedang diperbaiki. “Saat kejadian perwakilan kabupaten tiba di lokasi. Namun, tak memberikan bantuan. Maka, pihak desa bersama masyarakat dan Muspika gotong royong memperbaiki rumah yang rusak. Kebanyakan rumah rusak, di pinggir sawah,” katanya di sela mengawasi perbaikan rumah warga yang rusak, Rabu (9/1/2019).

Maman menceritakan, angin kencang yang melanda desanya merupakan pertama kali terjadi dan membuat panik warga. Sehingga, saat kejadian tak ada warga yang keluar rumah.

“Kejadiannya sangat cepat, angin berputar dari arah sawah menuju pemukiman dan menerjang pepohonan dan rumah. Usai kejadian, berkomunikasi dengan kepala dusun untuk mendata dampak angin kencang tersebut,” ujarnya.

Masih dikatakan Maman, kerugian ditaksir kisaran Rp 8 juta. “Pengalokasian untuk perbaikan rumah yang rusak dari pendapatan desa. Tapi bila ada bantuan, tentunya akan kami terima dengan senang hati,” ungkapnya.

Sedang tidur

Sementara itu, menurut salah seorang warga yang rumahnya rusak, Neneng, angin kencang yang menerjang rumahnya, mengakibatkan tembok bagian ruang tamu dan kamar mandi runtuh. “Saat kejadian saya bersama keluarga sedang di kamar tidur, sehingga hanya mengenai tv, saat tembok runtuh,” tuturnya.

Ia mengucapkan terima kasih pada pihak desa yang membangun kembali tembok yang runtuh. “Saya juga kaget begitu angin kencang menerjang rumah dan mengakibatkan tembok runtuh juga asbes rusak,” imbuhnya.

Sekedar informasi, angin kencang yang terjadi Selasa (8/1/2019) terjadi di desa setempat dan mengakibatka puluhan rumah rusak serta, puluhan pohon tumbang. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. (C-12)