Kuwu Desa Leuwidingding, Ono Suwaryono , melakukan penanaman pohon di desa setempat. Kamis (10/1/2019). Iwan/KC Online

LEMAHABANG, (KC Online).-

Masyarakat Dinas Kehutanan Jawa Barat, komunitas pecinta lingkungan dan Pemerintah Desa Leuwidingding, Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon, melakukan penanaman pohon di desa setempat.

Kuwu Desa Leuwidingding, Ono Suwaryono mengatakan, penanaman pohon ini merupakan upaya pihak desa dalam pelestarian lingkungan. Selain, membersihkan saluran dan Bendung Plester ini untuk minimalisasi banjir.

“Setelah berkomunikasi dengan dinas terkait, ditanam sekitar seribu pohon di sekitar Bendung Plester dan tempat lainnya yang ada di desa ini,” katanya, Kamis (10/1/2019).

Dikatakan Ono, kondisi lingkungan yang semakin memprihatinkan, berdampak pada berbagai peristiwa alam. Diantaranya, banjir dan longsor. “Diharapkan, dengan penanaman pohon ini dapat meminimalisasi longsoran,” ungkapnya.

Ia mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih. Agar terhindar dari bencana dan penyakit.

“Tidak sedikit bencana dan penyakit timbul dari ulah manusia sendiri. Misalnya, membuang sampah di saluran yang mengakibatkan banjir. Begitu juga penebangan pohon yang berlebihan, akan mengakibatkan longsoran. Maka, alangkah baiknya mencegah, sebelum terjadi,” paparnya. (C-12)