PANITIA bulan dana PMI dilantik oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda Kabupaten Cirebon Sugeng Darsono di Ruang Nyi Mas Gandasari, Jumat (11/1/2019). Fanny/KC Online

SUMBER, (KC Online).-

Perolehan dana PMI Kabupaten Cirebon dari bulan dana yang digelar tiap tahunnya melebihi target. Ketua PMI Kabupaten Cirebon Hj. Sri Heviyana mengatakan, dari target bulan dana PMI di tahun 2017 sebesar Rp 533 juta, telah melebihi hingga Rp 554 juta atau 104 persen.

Menurutnya, perolehan dana ini terbantu berkat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Cirebon. “Tahun ini kita targetkan Rp 600 juta, saya optimistis bisa tercapai lagi dan bahkan melebihi target,” ujar Heviyana usai pembukaan bulan dana kemanusiaan PMI yang digelar di Ruang Nyi Mas Gandasari, kompleks Sekretariat Daerah Kabupaten Cirebon, Jumat (11/1/2019).

Menurutnya, PMI diberikan kepercayaan yang penuh sebagai organisasi kemanusiaan.
“Dukungan yang diberikan sangat berarti. Kami menggunakan dana itu untuk beragam kegiatan kemanusiaan. Seperti kita ketahui, di Kabupaten Cirebon kerap ada bencana, yang terbaru adalah bencana puting beliung, dan PMI hadir di garis terdepan untuk memberikan bantuan kemanusiaan bagi korban bencana,” ungkapnya.

Perolehan PMI dari bulan dana ini antara lain dari distribusi aneka kupon yang sasarannya telah ditentukan. Oleh kolektor, nantinya kupon-kupon tersebut akan disalurkan dan uangnya akan diserahkan ke panitia bulan dana PMI. Panitia bulan dana ini telah dilantik di hari yang sama.

“Intinya, hasil dari kolektor ke panitia akan kami gunakan untuk alokasi bantuan kemanusiaan di manapun, tak hanya di Cirebon melainkan juga bencana lainnya di luar daerah,” ujar Heviyana.

Sementara itu, dalam bulan dana PMI di tahun ini, direncanakan akan didistribusikan 419.100 kupon dengan harga seribu rupiah yang sasarannya adalah PLN, PDAM, juga para siswa sekolah, kemudian akan ada 25.700 kupon dengan nilai Rp 5 ribu bagi anggota TNI/Polri, serta kupon Rp 10 ribu sebanyak 5.244 lembar bagi para kepala dinas, pejabat eselon II lainnya, juga pejabat eselon III.

“Gerakan bulan dana kemanusiaan disesuaikan dengan kebutuhan, dan ini harus dapat berjalan dengan baik,” ujar ketua panitia bulan dana PMI, Denny Supdiana.

Selanjutnya, pihaknya akan menyerahkan seluruh kupon ini kepada para kolektor.
“Kolektor lah nanti yang akan mendistribusikan kupon ke sasaran yang telah dituju, semoga semuanya berjalan dengan baik,” ujarnya. (Fanny/KC Online)