SEMINAR Parenting IGTKI-PGRI Kabupaten Kuningan, di Gedung Sanggariang, jalan Siliwangi – Kuningan, belum lama ini. Erix/KC Online

KUNINGAN, (KC Online).-

Pengasuhan sejatinya adalah pembentukan karakter anak sebagai landasan awal yang akan membentuk sikap dan kepribadian anak secara individu dan sebagai bagian dari anggota masyarakat.

“Sebagai orang tua masa kini, kita dituntut untuk dapat menerapkan pola asuh yang tepat dalam mendidik anak-anak kita sejak usia dini. Orang tua masa kini harus memiliki bekal ilmu pengetahuan dan ilmu agama yang kuat,” kata Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Acep Purnama, saat membuka Seminar Parenting IGTKI-PGRI Kabupaten Kuningan, di Gedung Sanggariang Kuningan, Kamis (17/1/2019).

Dia mengungkapkan, dalam menerapkan pola asuh kepada anak, orang tua harus memahami pentingnya peran mereka pada masa tumbuh kembang anak, dan harus menjadi pendidik yang pertama bagi anak-anaknya.

Menurutnya, orang tua jangan hanya memasrahkan pendidikan anak-anaknya kepada pihak sekolah. Terlebih karakter anak itu lebih banyak dipengaruhi oleh lingkungan keluarganya.

“Oleh sebab itu, kita harus memerankan peran orang tua dengan sebaik-baiknya dengan cara memperhatikan tumbuh kembang anak,”ujarnya.

Pada kegiatan Seminar Parenting IGTKI-PGRI Kabupaten Kuningan, yang mengangkat tema Membangun Sinergitas Pola Asuh Antara Keluarga dan Lembaga Dalam Menanamkan Karakter Anak Sejak Usia Dini itu, dihadiri Wakil Ketua TP PKK, Ny. Yuana Ridho Suganda, Ketua GOPTKI Kabupaten Kuningan, Ny. Ella Dian Yanuar, Kabid PAUD Dikmas Disdikbud Kuningan, Elon Carlan, serta dua nara sumber dari Motivation Trainer Indonesia, Edi Junaedi, dan KBO Satlantas Polres Kuningan, IPTU Sutarja Fahrudin.

Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Kuningan, Eli Jubaedah, menyebutkan seminar ini digelar untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam melaksanakan perawatan, pengasuhan dan pendidikan anak di dalam keluarga sendiri dengan landasan dasar-dasar karakter yang baik.

“Menjadi orang tua memang tidak ada sekolahnya, tetapi perlu belajar untuk menjadi orang tua yang membesarkan anak dengan baik, penuh cinta dan kasih sayang,” katanya.

Menurutnya, anak merupakan amanah dan wajib mendidik sesuai syariat Islam. Apalagi dalam proses kehidupan manusia, masa anak-anak merupakan tahap usia yang paling penting. Karena menjadi tahap pembuatan pondasi atau pembentukan kepribadian seorang manusia.

“Oleh sebab itu orang tua dan para pendidik anak dituntut agar dapat memenuhi kebutuhan anak. Sehingga perkembangan anak terpelihara dan optimal,” tuturnya.(Emsul/KC Online)