CIREBON,(KC Online).

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon berencana merelokasi tempat pembuangan sampah sementara (TPSS) Bima Kota Cirebon, Rabu (9/1/2019).

Rencana relokasi ini bertujuan agar tidak ada lagi sampah yang berserakan di pinggir jalan yang kerap menimbulkan aroma tak sedap.

Kepala DLH Kota Cirebon, H. Abdullah Syukur mengatakan, keberadaan TPSS di Bima rupanya mengganggu aktifitas masyarakat yang berkuliner di sekitar area tersebut. Terlebih lagi berdampingan dengan bangunan pendidikan atau Fakultas Kedokteran Kampus Unswagati Cirebon.

“TPSS Bima juga betul sudah banyak keluhan apalagi disebelahnya itu dekat dengan Fakultas Kedokteran yang identik dengan higienis, jadi kan kontradiktif dan harus ada solusi lain untuk melakukan relokasi,” kata Syukur.

Adapun waktu dan tempat relokasi TPSS Bima belum bisa dipastikan.Namun dalam waktu dekat ini menurutnya, rencana tersebut bakal direalisasikan sehingga dirinya berpesan agar masyarakat juga senantiasa menjaga kebersihan dan lingkungannya.

“Untuk saat ini, kami masih terus memonitor permasalahan permasalahan dilapangan. Seusai Program dari Pak walikota yaitu Bersih, maka kaminterus menindaklanjuti,” katanya

Pengawas TPSS Bima, Kasmuri mengatakan, sampah rumah tangga yang diangkut per harinya bisa mencapai satu mobil dum truk dan tiga unit kontainer. Menurutnya, kebanyakan sampah yang dibuang itu datang dari masyarakat dan beberapa kampus di sekitar area Bima Kota Cirebon.

“Memang banyak yang yang buang sampah di sini, kadang dari beberapa kampus yang disekitar sini juga buangnya disini,” ungkapnya. (Iskandar)