CIREBON, (KC Online).-

Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia (Blispi) Kota Cirebon melakukan pemilihan sekaligua pelatikan ketua dan pengurus di Balai Kota Cirebon, Sabtu (26/1/2019).

Dalam pelantikan tersebut, Edi Suripno sekaligus ketua umum PSSI Kota Cirebon terpilih secara aklamasi. Terpilihnya, ketua DPRD Kota Cirebon itu karena dinilai sangat peduli terhadap dunia olahraga khususnya cabang olahraga Sepakbola.

“Untuk sepakbola memang saya tidak main main, bahkan akan wakafkan setengah dari hidup ini untuk sepakbola Kota Cirebon khususnya Jawa Barat umumnya. Saya berkeyakinan akan muncul pemain handal dari kota ini seperti Sanija Sanija lain di Kota Udang ini,”bebernya. Minggu (27/1/2019).

Terpilihnya Edi, juga mendapatkan sambutan hangat dari Pendiri Blispi Jawa Barat, Teguh Raharjo. Ia mengatakan jika orang seperti Edi Suripno sangat diperlukan bagi kemajuan dunia olahraga khususnya sepakbola.

“Saya akui orang seperti beliau sangat diperlukan untuk menjadi bagian dari pembinaan sepakbola di wilayah Jawa Barat,” beber Asdep Sentra di Kemenpora yang saat ini menjabat sebagai Asdep Rekreasi ini.

Senada, Ketua Umum Blispi Pusat, Subagja Suihan menjelaskan,  Blispi sendiri terbentuk melalui Kemenpora dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) di bawah naungan Edy Rahmayadi yang juga sebagai pendiri.

Lembaga ini, lanjut Subagja, diakui selalu konsisten dalam membangun serta membina sepakbola usia dini dan usia muda di Indonesia, karena hasilnya telah melahirkan pemain pemain nasional dan international seperti Egy Maulana Vikri, Hamzah Lestaluhu, Yadi Mulyadi, Bagas, Bagus dan Supriyadi.

“Blispi selalu memberikan terobosan terbaik untuk melakukan manufer di setiap provinsi, melantik sekaligus mengukuhkan di daerah adalah bagian dari kegiatan pembinaan sepakbola usia muda, tidak dalam gejolak yang sekarang ini terjadi di sepakbola Tanah Air. Kita fokus saja dalam pembinaan tidak ikut dalam situasi politik sepakbola yang sekarang terjadi,” tuturnya.

Ia berharap dibawah kepemimpinan Edi Suripno akan lahir kembali pemain pemain nasional dari Cirebon yang mengikuti jejak pemain nasional seperti Sanija, Pualam Bahari, Ahmad Fauzi, Saeful Hardiansya dan Dimas Abdul Hadi yang sekarang sedang digodok di PPLP Sumut.

Sementara itu, Ketua Umum Loni Kota Cirebon, Hj. Wati Musilawati berharap dibawah kepemimpinan Edi Suripno, Sepakbola Kota Cirebon lebih maju lagi di bidang prestasinya.

“Tahun kemarin Sepakbola kami dibawah pimpinan pa Edi, bisa finis 8 besar, empat tahun lalu sepakbola kita belum bisa masuk Porda, ini menunjukkan kalau Pa Edi benar-benar sukses membina pesepakbola nya, mudah-mudahan di Porda mendatang sepakbola kita mendapatkan prestasi lebih baik lagi,” harapnya.

Sekadar informasi, kegiatan pelatikan Blipsi dihadiri oleh pengurus Blispi Pusat, Perwakilan dari Asdep Kemenpora Teguh Raharjo, Walikota Cirebon yang diwakili oleh Sekda Kota Cirebon Asep Dedi, Asprov Exco PSSI Jabar, Trio Andrean Santana, Heru Purwanto dan KONI Kota Cirebon.(Ali)