BPC Hipmi Kabupaten ndramayu akan membentuk Hipmi Perguruan Tinggi (PT) pada seluruh universitas di Kabupaten Indramayu, Selasa (22/1/2019). Ratno/KC Online

INDRAMAYU, (KC Online).-

Asisten Daerah (Asda) II Setda Indramayu, H Maman Kostaman usai menghadiri pelantikan Ketua BPC Hipmi Kab. Indramayu periode 2018-2021 mengatakan, pada prinsipnya Pemkab Indramayu sangat mengapresiasi kepengurusan baru BPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), karena peran BPC Hipmi sangat strategis dalam upaya membantu pengembangan perekonomian di Kab. Indramayu, baik, di sektor pertanian maupun pada sektor perikanan dan kelautan.

Yang paling utama, BPC Hipmi mampu berperan dalam pembangunan daerah termasuk di sektor riil seperti manufaktur dan beberapa pengolahan potensi yang dimiliki Kab. Indramayu.

Dengan kata lain, elemen-elemen ekonomi dapat menyerap tenaga kerja yang banyak sehingga pertumbuhan perekonomian di Kab. Indramayu nantinya bisa sama dengan Jawa Barat. “Saya ingin teman-teman BPC Hipmi dapat memikirkan bidang sektoril, baik perdagangan industri maupun lainnya,” imbaunya, Selasa (22/1/2019).

Dikatakan dia, sejak beroperasinya Tol Cipali berimbas tutupnya sejumlah pengusaha rumah makan dan perusahaan lainnya yang berada disepanjang jalur pantura Indramayu dan menyebabkan turunnya pendapatan asli daerah (PAD), peran pemerintah daerah (pemda) Indramayu dalam hal ini telah mengupayakan seluas 25 ribu hektare untuk wilayah industri.

Keberadaan BPC Hipmi Kab.Indramayu, diharapkan dapat menampung berbagai bentuk usaha yang ada disetiap desa seperti Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) online. Sebab dinamika ekonomi di pedesaan yang sebelumnya ofline kini menjadi online, karenanya pertumbuhan ekonomi bukan hanya di kota semata tetapi telah merambah ke desa yang perlu dikembangkan.

“Peran Pemkab Indramayu dalam merubah kondisi tersebut akan merubah rencana tata ruang wilayah (RTRW), sehingga ada pola ruang selain di bidang pertanian juga terdapat lahan seluas 25 ribu hektare untuk daerah industri yang disiapkan muali dari Patrol hingga Losarang,” terangnya.

Ditemui KC Online, Ketua BPC Hipmi Kab. Indramayu, Ahmad Mujani Nur mengatakan, langkah yang akan dilakukan paska pelantikan ini akan menyatukan dan membenahi internal kepengurusan dalam upaya memberikan pemahaman terhadap seluruh pengurus, menata organisasi mulai dari jajaran terendah hingga jajaran tertinggi serta memprioritaskan membangun Hipmi Perguruan Tinggi (PT) yang ada di Kab. Indramayu.

Selanjutnya akan melakukan koordinasi dengan Pemkab.Indramayu untuk menyelesaikan persoalan-persoalan terhadap para pelaku usaha yang ada di Indramayu, karena tanpa koordinasi maupun kerjasama dengan pemerintah akan mengalami kendala. “Apabila hal ini telah terjalin koordinasi dan kerjasama maka samua persoalan yang ada di Indramayu akan terselesaikan dengan baik,” tegasnya.

Masih kata dia, apabila berbicara tentang Hipmi PT maka sebenarnya pada kepengurusan lalu telah terbentuk Hipmi PT dan ada beberapa universitas di Indramayu yang telah dibentuk Hipmi PT, karenanya selama kepengurusannya hingga selesai diupayakan seluruh universitas di Indramayu sudah membentuk Hipmi PT.

“Para mahasiswa yang sedang mengikuti proses belajar di kampusnya tidak hanya sebatas mendapat keilmuannya secara akademika tetapi akan mendapatkan keilmuan tentang kewirausahaan yang akan diberikan BPC Hipmi Kab. Indramayu,” ungkapnya. (C-21)